@phdthesis{digilib61801, month = {June}, title = {HUBUNGAN KETELADANAN GURU DAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA SMP}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 18107010029 Syakira Ni?mah Yusfa}, year = {2023}, note = {Pembimbing: Dr. R. Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.}, keywords = {keteladanan guru, karakter sopan santun, siswa SMP}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61801/}, abstract = {Karakrer sopan santun siswa merupakan sebuah perilaku yang penting untuk diterapkan agar siswa memahami hal yang benar dan salah serta menumbuhkan sebuah kebiasaan positif. Salah satu faktor yang mempengaruhi karakter sopan santun pada siswa adalah peran sekolah karena guru berperan untuk mendidik siswanya, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keteladanan guru dan karakter sopan santun siswa SMP. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan subjek siswa SMP di salah satu sekolah di kota Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan skala Karakter Sopan Santun Siswa dan Skala Keteladanan Guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji korelasi product moment person dengan memperoleh hasil korelasi 0, 618 dengan taraf signifikansi (P= 0,000, P {\ensuremath{<}} 0,05), hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif antara keteladanan guru dan karakter sopan santun siswa. Artinya Semakin tinggi keteladanan guru makan semakin tinggi pula karakter sopan santun siswa. Adapaun nilai sumbangan efektif sebesar 38\%.} }