TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag. ID - digilib6183 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6183/ A1 - RAWIDYA LESTARI - NIM. 07410017 Y1 - 2011/07/01/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada tujuan pendidikan yang merupakan usaha pembinaan pribadi secara utuh dan lebih menyangkut masalah citra dan nilai. Oleh karena itu seharusnya pendidikan mampu mencetak peserta didik yang tidak hanya mempunyai kecerdasan intelegensi namun diimbangi dengan kebaikan akhlaknya. Pembentukan kepribadian peserta didik melalui pendidikan nilai akan lebih efektif jika peserta didik berada dan berinteraksi dalam lingkungan non-formal. Pendidikan dengan sistem asrama (Boarding School) yaitu perpaduan sistem pendidikan pesantren dan madrasah, sangat efektif untuk mendidik kecerdasan, ketrampilan,pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai moral peserta didik, sehingga anak didik lebih memiliki kepribadian yang utuh dan khas. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan nilai di asrama Takhasus MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Secara teoritis MTs Wahid Hasyim memberikan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak, namun masih banyak anak yang melakukan perilaku yang menyimpang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Asrama Takhasus Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu : klasifikasi data, reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Teknik penyimpulan data dengan metode induktif yaitu mencari data sebanyak-banyaknya lalu disimpulkan (umum-khusus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan nilai di asrama Takhasus MTs Wahid Hasyim diwujudkan dalam buku panduan tata tertib siswa dan pembinaan akhlak melalui kegiatan sehari-hari siswa diasrama. Buku panduan tata tertib merupakan konsep pendidikan nilai di asrama Takhasus Madrasah Tsanawiyah yang digunakan sebagai peraturan dan pedoman aktivitas siswa baik kegiatan di asrama, di sekolah maupun di lingkungan sekitar asrama, sedangkan kegiatan siswa diasrama merupakan latihan pengamalan nilai-nilai moral. Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak di asrama takhasus meliputi metode keteladanan, pembiasaan, kedisiplinan, mau'izah dan ibrah serta kerjasama. Implementasi pendidikan nilai tersebut melatih anak akan nilai kejujuaran, kedisiplinan, kepatuhan, toleransi, tanggungjawab dan kemandirian. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pendidikan Nilai M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI DI ASRAMA TAKHASUS MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted ER -