eprintid: 61843 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/18/43 datestamp: 2023-10-26 01:57:05 lastmod: 2023-10-26 01:57:05 status_changed: 2023-10-26 01:57:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nurhayati, NIM.: 00410117 title: PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 362.7 subjects: P subjects: ust_ divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: anak autism; autism; perilaku keagamaan; belajar mengajar; guru note: Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun abstract: Anak autis mengalami gangguan perkembangan yang kompleks, yang biasanya muncul pada usia 1-3 tahun yang mcmbuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial, mengalami hambatan dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun non verbal dan kadang dalam beberapa kasus ditemukan perilaku agresif atau melukai diri sendiri. Penanganan pada masing-masing anak autis sangat berbeda dan memerlukan waktu yang lama, sehingga memerlukan kesabaran, ketelatenan, kerjasama yang baik dan diperlukan keaktifan guru serta lingkungan yang mendukung. Penanganan anak autis oleh guru memainkan peranan penting. Bagaimana seorang guru bisa menumbuhkan perilaku keagamaan pada anak autisme dimana telah kita ketahui bahwasanya mereka mengalami gangguan interaksi sosial, juga mengalami hambatan dalam berkomunikasi verbal dan non-verbal serta kegiatan dan minatnya aneh dan terbatas juga penanganan makanan mereka pun memerlukan perhatian. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, interview dan dokumentasi. Kesmipulan penelitian ini adalah: 1. Pendidikan pe1ilaku keagamaan yang dilaksanakan oleh gum di yayasan tersebut adalah: a. Materi untuk kelas dengan kurikulum awal b. Materi untuk kelas dengan kmikulum akademik yaitu materi untuk kemampuan akademik. 2. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penumbuhan perilaku keagamaan anak autis di yayasan pendidikan autisme Bina Anggita Yogyakarta. 3. Hasil yang dicapai dari penumbuhan perilaku keagarnaan anak autis di yayasan pendidikan autisme Bina Anggita Yogyakaita adalah: anak dapat melakukan aktivitas dan mempunyai kemampuan sepe1ti anak-anak nonnal seusianya. 4. Peran guru dalam menumbuhkan perilaku keagamaan anak autis di yayasan pendidikan autisme Bina Anggita Yogyakaita adalah: a. Guru sebagai orang tua kedua bagi anak b. Guru sebagai pembimbing bagi anak c. Guru sebagai pengendali emosi anak d. Guru sebagai motivator anak date: 2004-07-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurhayati, NIM.: 00410117 (2004) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN PENDIDIKAN AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61843/1/00410117_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61843/2/00410117_BAB%20II_BAB%20III.pdf