@phdthesis{digilib61857, month = {October}, title = {METODE AN NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI PESANTREN DARUL ULUM TUBAN JAWA TIMUR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00420274 Muhammad Imam Zamroni}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Drs. Zainal Arifin mad M.A}, keywords = {santri; program pembelajaran; membaca; media pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61857/}, abstract = {Munculnya metode-metode pembelajaran bahasa Arab, akhir-akhir ini telah menjadi perbincangan hangat di kalangan para pemerhati bahasa. Salah satu contoh metode pembelajaran Bahasa Arab dengan metode lqra'. Metode Iqra? ini menitikberatkan pada pembelajaran bahasa Arab pada ranah kemahiran membaca, tarutama sekali pada tingkat pemula. Metode ini dapat diaplikasikan dengan sistem klasikal maupun sistem privat (individual) dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode An Nahdliyah bisa dikatakan realatif baru di dunia pengajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, kita memerlukan pembuktian secara empirik terhadap eksistensi metode An Nahdliyah. Salah satu pondok pesantren yang menerapkan metode An Nahdliyah dalam proses pembelajaran membaca Al Qur'an adalah di pondok pesantren Darul Ulum Darul Ulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dengan metode pengamatan partisipan (participant Observation), metode wawancara, metode dokumentasi dan metode test. Hasil penelitian ini adalah: 1. Penerapan metode An Nahdliyah di pondok pesantren Dami Ulum Tuban J awa Timur be1jalan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam buku panduan metode An Nahdliyah. Dengan menggunakan tongkat penunjuk sebagai media untuk menuntun santri dalam membaca teks yang ada dalam buku Cepat Tanggap Belajar Al Qur'an. 2. Berdasarkan hasil wawancara kepada para ustadz dan observasi di lokasi penelitian yang penulis lakukan, maka terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode An Nahdliyah di pondok pesantren Darul Ulum Tuban Jawa Timur dalam pembelajaran membaca permulaan. 3. Kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode An Nahdliyah di pesantren Darul Ulum Tuban Jawa Timur dapat dikatakan baik, karena nilai rata-rata yang diambil dari tes yaitu 6,9. Dan terdapat 65\% dari 20 santri yang mandapatkan nilai 6-7,5 dari tes tersebut yang dilakukan tersebut.} }