@phdthesis{digilib61879, month = {September}, title = {PENGUASAAN BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL-QUR'AN HADIS SISWA KELAS II MAN TEMANGGUNG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00420469 Muhammad Ali Makhfud}, year = {2005}, note = {Pembimbing: Dr. H.A. Janan Asifuddin, M.A}, keywords = {motivasi belajar; peranan Bahasa Arab; Al-Quran Hadis}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61879/}, abstract = {Madrasah Aliyah Negeri merupakan lembaga pendidikan formal yang bercirikan agama Islam. Oleh karena itu di dalamnya diajarkan bahasa Arab sebagai bahasa dari sumber agama Islam yaitu al-Qur' an Hadis, diharapkan diajarkannya bahasa Arab dapat dijadikan alat untuk memotivasi dalam memahami dua sumber ajaran agama Islam tersebut. Latar belakang penelitian ini dimana peneliti tertarik untuk meneliti apakah bahasa Arab rnempunyai penguasaan terhadap rnotivasi belajar al-Qur'an Hadis siswa MAN Temanggung yang mana kedua mata pelajaran tersebut di MAN seperti tidak ada kaitannya, padahal secara teoritis kedua mata pelajaran tersebut sangat berkaitan erat dan ada hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi. Penelitian ini adalah menggunakan metode analisa kualitatif dengan cara berpikir induktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, TU, guru bahasa Arab dan al-Qur'an Hadis, karyawan selain itu juga siswa MAN Temanggung. Sedangkan obyek penelitian ini adalah penguasaan bahasa Arab terhadap motivasi belajar al-Qur'an Hadis siswa MAN Temanggung. Metode pemgumpulan data dengan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah penguasaan bahasa Arab mempunyai peranan yang sangat penting terhadap motivasi bclajar al-Qur'an Hadis bagi siswa kelas II (dua) MAN Temanggung. Peranan penguasaan bahasa Arab terhadap motivasi belajar al-Qur'an Hadis bagi siswa kelas II (dua) terhhat sangat rnendukung dalam membantu mempermudah proses pembelajaran kedua mata pelajaran tersebut yaitu misalnya membaca, menterjemah, dan menghafal.} }