@phdthesis{digilib6188, month = {July}, title = {PENINGKATAN MAHARAH KITABAH MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) KELAS XI MAN 2 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 07420055 QURROTUL 'UYUN -}, year = {2011}, note = {Pembimbing: R. Umi Baroroh, M.Ag.}, keywords = {Maharah Kitabah, Pendekatan CTL, Proses Belajar Mengajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6188/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan maharah kitabah peserta didik di MAN 2 Wates khususnya kelas XI A2 melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk memperoleh wawasan baru tentang pendekatan pembelajaran yang bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran kitabah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil data kelas XI A2 MAN 2 Wates sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan maharah kitabah kelas XI MAN 2 Wates Kulon Progo Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan sebesar 1,5 dari hasil Pre tes 1 yaitu 63,5 dan pre tes 2 yaitu 65, dan peningkatan sebesar 5,4 dari hasil post tes 1 sebesar 67,4 dan post tes 2 sebesar 72,8. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dengan pendekatan CTL sebelum dan sesudah diterapkan terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 2,75. Prosedur yang ditempuh guru dan peneliti dalam meningkatkan maharah kitabah sebelum dilakukan pendekatan CTL adalah observasi pra tindakan, pretes dan wawancara. Sedang prosedur yang ditempuh guru dan peneliti dalam uji coba peningkatan maharah kitabah melalui pendekatan CTL yaitu: menyusun RPP, mempersiapkan kosa kata, mempersiapkan media serta sarana dan prasarana. Dalam pendekatan CTL ini peneliti menemukan kendala-kendala baik dari peserta didik maupun dari guru. Kendala yang dihadapi guru yaitu: terbatasnya waktu dan kurangnya fasilitas pendukung, sedang kendala yang dihadapi peserta didik yaitu: latar belakang peserta didik yang heterogen serta kurangnya motivasi dari peserta didik sendiri. Dari hasil penelitian di atas, peneliti menyampaikan saran kepada pihak Sekolah hendaknya melengkapi fasilitas pembelajaran bahasa Arab agar proses pembelajaran lebih efektif, kepada guru bahasa Arab hendaknya guru bahasa Arab MAN 2 lebih mengintensifkan penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran bahasa Arab, dan kepada peserta didik agar lebih aktif dalam menggunakan bahasa Arab dalam menulis. div} }