<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam\r\npenerapan pendekatan kontekstual dengan penekanan aspek inquiry sebagai upaya\r\noptimalisasi pembelajaaran fisika pada pokok bahasan Alat-alat Optik siswa kelas 2\r\ndi SMP Muhammadiyah 2 Y ogyakarta, dan sekal.igus untuk mengetahui tingkat\r\nkeoptimalan tindakan tersebut. Keoptimalan pembelajaran fisika meliputi\r\nkeoptimalan proses maupun produk pembelajarannya.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action\r\nresearch), dengan subyek peneltian siswa kelas 2C di SMP Muhammadiyah 2\r\nY ogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan sampai dengan dua siklus. Pelaksanaan\r\ntindakan pembelajaran pada penelitian ini adalal1 dengan menggw1akan pendekatan\r\nkontekstual dengan strategi inquiry. Sedangkan instrumen yang digunakan antara\r\nlain: Rencana Pembelajaran (RP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), soal-soal pre-test\r\ndan post-test, lembar pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar angket\r\nsiswa.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual\r\ndengan penekanan aspek inquiry dapat mengoptimalkan pembelajaran fisika pada\r\npokok bahasan Alat-alat Optik pada siswa kelas 2C di SMP Muhammadiyah 2\r\nY ogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keberhasilan proses dan\r\nproduk pembelajaran pada siklus II dibandingkan dengan siklus I. Keberhasilan\r\nproses pembelajaran dilihat dari peningkatan aktivitas siswa, baik dari aspek afektif,\r\nkognitif, maupun psikomotornya. Ketercapaian aktivitas afektif siswa pada siklus I\r\ndan II berturut-turut adalah 68,58% dan 85,18%. Ketercapaian aktivitas kognitif\r\nsiswa paada siklus I dan II berturut-turut adalah 66,67% dan 73,80%. Ketercapaian\r\naktivitas psikomotor pada siklus I dan II berturut-turut adalah 77,32% dan 91,80%.\r\nSedangkan keberhasilan produk pembelajaran dilihat dari peningkatan pemahaman\r\nmateri siswa dari pre-test ke post-test, dan hasil pengerjaan siswa dalam LKS.\r\nPeningkatan pemahaman materi siswa dari pre-test ke post-test pada siklus I dan II\r\nberturut-turut adalah 2,17% dan 20,14%. Sedangkan hasil pengerjaan LKS siswa\r\npada siklus I dan II berurut-turut adalah 85,06% dan 89,75%. Adapun langkahlangkah\r\nyang dilaksanakan dalam proses pembelajaran yaitu: (1) Menghadapkan\r\nsiswa pada suatu permasalahan yang merangsang keingintahuan siswa, (2)\r\nMengarahkan siswa untuk merumuskan permasalahan sekaligus menentukan\r\nhipotesisnya berdasarkan pengetahuan awal siswa, (3) Memotivasi siswa untuk\r\nmengadakai1 pembuktian terhadap hipotesis sementara yang telah ditetapkan, (4)\r\nMemantapkan temuan/jawaban siswa dengan melakukan sharing atau\r\nmengkomunikasikan hasil kepada pihak lain dalam rangka validasi, ( 5) Memberikan\r\nwnpan balik terhadap proses belajar siswa. ยท\r\nKata Kunci: Optimalisasi Pembelajaran Fisika, Pendekatan Kontekstual"^^ . "2005-10-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 99454277"^^ . "Heti Marini"^^ . "NIM. 99454277 Heti Marini"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Text)"^^ . . . . . "99454277_BAB II_BAB IV.pdf"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Text)"^^ . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #61994 \n\nOPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENEKANAN ASPEK INQUIRY PADA SISWA KELAS 2 DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2004/2005\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .