<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF)"^^ . "Guru dalam pemahaman masyarakat luas diterima sebagai profesi yang harus\r\ndigugu dan ditiru. Pemahaman semacam itu pada gilirannya akan menempatkan\r\nprofesi guru sebagai profesi yang mulia dibanding dengan profesi lainnya. Oleh\r\nkarena itu, sewajarnya bila dengan pemahaman yang melekat pada masyarakat luas\r\ntersebut seakan guru tidak boleh cacat dan cela. Pada saat bersamaan pula, seorang\r\nguru dituntut memainkan peran ganda tidak hanya peran profesi di madrasah,\r\nmelainkan juga dituntut memainkan peran posisi di masyarakat. Sejalan dengan tugas\r\nkeguruan yakni tugas dalam bidang profesi, kemanusiaan dan kemasyarakatan.\r\nPenelitian ini mengambil setting di Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Najah\r\nSesela untuk mengetahui secara deskriptif peran ganda guru PAI, relevansi peran\r\nganda dan kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dengan menggunakan perspektif\r\nsosioedukatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori\r\nperan dengan pendekatan sosioedukatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan\r\nkualitatif deskriptif, dengan pendekatan ini penulis berusaha untuk mendeskripsikan\r\nsegala realitas yang ditemukan di lapangan terkait dengan peran ganda guru PAI.\r\nSedangkan metode pengumpulan data digunakan metode khas kualitatif yaitu\r\nobservasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Metode menganalisa data\r\ndigunakan secara berturut-turut yakni reduksi data, display data dan conclusion\r\ndrawing.\r\nSetelah dilakukan penelitian ditemukan beberapa temuan, yaitu (1) peran\r\nGPAI di madrasah sebagai tenaga pendidik (educator) dan tenaga kependidikan.\r\nDalam menjalankan peran yang pertama masih sederhana, monoton dan terkesan\r\nformalitas, demikian juga dengan peran periodik masih belum otonom dalam artian\r\nmasih dibantu dengan rekan guru yang lain. Sedangkan peran GPAI di masyarakat\r\ndiwujudkan dalam bentuk perannya dalam bidang pendidikan, kegiatan remaja.\r\nKetiga peran yang dijalankan di masyarakat lebih bersifat pasif (diminta) oleh\r\nmasyarakat setempat. (2) Peran yang dijalankan GPAI di madrasah memiliki\r\nrelevansi dengan perannya di masyarakat yaitu sama-sama menjadi tenaga pendidik\r\ndan memiliki peran yang terkait dengan pendidikan meraka. (3) Kendala yang\r\ndihadapi di madrasah adalah pola rekrutment, pembagian peran yang kurang cermat,\r\ndistribusi mata pelajaran dan mismatch mata pelajaran, kurangnya sarana dan\r\nprasarana. Sedangkan kendala di masyarakat adalah faktor sosiokultural dan bias\r\ngender. Tesis ini menegaskan bahwa sejatinya profesi guru pada umumnya dan guru\r\nPAI pada khususnya tidak boleh tidak menjalankan peran ganda (peran profesi dan\r\nperan posisi) di madrasah dan masyarakat."^^ . "2011-06-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASAJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 09.251.027"^^ . "Riadi, S.Pd.I"^^ . "NIM.: 09.251.027 Riadi, S.Pd.I"^^ . . . . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Text)"^^ . . . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62120 \n\nPERAN GANDA GURU PAI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AN-NAJAH SESELA LOMBOK BARAT (PERSPEKTIF SOSIOEDUKATIF)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Kyai - Ustadz - Guru" . .