eprintid: 62136 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/21/36 datestamp: 2023-11-16 01:08:20 lastmod: 2023-11-16 01:08:20 status_changed: 2023-11-16 01:08:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Wahyu Andi Wibowo, NIM.: 06420051 title: PENINGKATAN PEMBELAJARAN IQRO’ MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DI KELAS V SLB TUNA RUNGU KARNNAMANOHARA CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Metode Pembelajaran, Quantum Learning, Prestasi, Iqro’. note: Pembimbing: Dr. Sembodo Adi W, M. Ag, M.A. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Iqro’ dengan menggunakan metode quantum learning dan mengetahui efektifitas metode Quantum Learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SLB Tuna Rungu Karnnamanohara Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yang dilakukan di dalam kelas saat proses belajar mengajar berlangsung, dalam proses penerapannnya, penelitian ini terdiri dari beberapa siklus dan tahapan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus terhadap 5 siswa, yang terdiri dari 2 siswi dan 3 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan secara induktif, deduktif, dan statistic jenis TDF. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, proses pembelajaran Iqro’ menggunakan metode quantum learning dapat berlangsung dengan baik dalam tiga siklus dan dilakukan dengan 6 tahapan, yaitu memupuk sikap juara siswa,membiasakan membaca, membiasakan menulis, penataan lingkungan belajar, melatih memori anak, melatih anak belajar kreatif. Dari tehapan tersebut, tujuannya adalah mengajak siswa untuk belajar secara aktif, dinamis, komunikatif dan senang. Sehingga proses belajar tidak dirasakan sebagai ruang formal yang menjenuhkan. Pada aspek yang lain, penerapan metode dalam mepenyajian evasluasi belajar siswa sebagai sesuatu hal yang terkesan menarik dan menantang. Kedua, adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang dari pratindakan, siklus I hingga siklus III. Rata-rata prestasi siswa yang dicapai setiap siklusnya adalah pra tindakan 6,1, siklus I 6,6, siklus II 7, siklus III 8. Dengan penerapan metode quantum learning ini dapat membantu guru dalam membenahi kelemahan-kelemahan mengajar serta belajar siswa, yaitu penyederhanaan teori ke dalam main mapping (peta konsep) sehingga materi pembelajaran mudah diingat. Disamping itu, metode ini dapat juga diterapkan pada pembelajaran bahasa maupun bidang-bidang pelajaran yang lainnya. date: 2011-05-09 date_type: published pages: 149 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Wahyu Andi Wibowo, NIM.: 06420051 (2011) PENINGKATAN PEMBELAJARAN IQRO’ MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DI KELAS V SLB TUNA RUNGU KARNNAMANOHARA CONDONG CATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62136/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62136/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf