@phdthesis{digilib62145, month = {August}, title = {AL KITAB AL MADRASIY FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI GHAIRI NATQIN BIHA (DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN AL KITAB AL 'ARABIYYAH LI AL NASHI'IN AL JUZ AL KHAMIS MIN NAHIYYAH AL MADAH)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 00420172 Sri Laswiji}, year = {2004}, note = {Pembimbing: Dr. Nizar Ali, M.Ag}, keywords = {kurikulum, buku Bahasa Arab, pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62145/}, abstract = {Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Buku berbahasa Arab untuk remaja mempunyai bahasa dalam penyajian materinya dengan kurikulum terpadu untuk penutur non-Arab sebagai berikut: Buku ini menyajikan materi utama, antara lain: buku bacaan, kaidah tata bahasa, latihan, dan referensi. kosa kata Buku ini menggunakan bahan pembantu seperti Kamus, buku latihan editorial, dan latihan lainnya audio, menyajikan bacaan progresif, panduan guru yaitu penyajian materinya dengan pendekatan bertahap, meliputi pemilihan materi, kemudian menyusun materi secara bertahap, kemudian cara penyajian materi, kemudian mengulang materi. Dari segi materi, Buku Bahasa Arab untuk pemula cocok untuk mengajarkan bahasa Arab kepada non arab asalkan disesuaikan dengan tahap pendidikan yaitu tahap lanjutan yang mendahului tahap pemula. dan tahap peralihan dalam penggunaan buku berbahasa arab untuk pemula, pertama, kedua, ketiga, dan keempat, karena di dalam buku tersebut diberikan syarat-syarat mengenai materinya juga. Rekomendasi penelitian ini mengusulkan kepada pengajar bahasa Arab untuk orang-orang non-Arab, antara lain guru, pembelajar, dan semua orang tertarik mengajar bahasa Arab. Sarannya adalah sebagai berikut 1. Memiliki guru bahasa Arab yang mampu mengajarkan buku atau kitab dalam bahasa Arab. 2. Melengkapi bahasa Arab bagi pemula dengan memperbaharui tulisannya berdasarkan penulisan buku berdasarkan negara asal, sehingga akan lebih mudah digunakan untuk mengajarkan Bahasa Arab kepada warg a non-Arab 3. Bagilah tahapan-tahapan belajar bahasa Arab bagi orang asing secara bertahap 4. Guru hendaknya juga menulis tentang buku pembelajaran bahas Arab di Sekolahnya karena akan lebih memahami situasi siswanya} }