eprintid: 62148 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/21/48 datestamp: 2023-11-17 06:10:57 lastmod: 2023-11-17 06:10:57 status_changed: 2023-11-17 06:10:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Umi Nasiroh, NIM.: 07410274 title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU "MENGGAPAI IMPIAN" KARYA MASRIYAH AMVA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Islam, Sastra, Buku "Menggapai Impian" note: Pembimbing: Muqowim M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang komprehensif, seimbang, dan berkesinambungan menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam sehingga peserta didik menjadi insân kâmil yang ma’rifatullah, mendapat ridha-Nya dan mampu menciptakan interaksi sosial yang baik. Pendidikan seharusnya dapat mengarahkan kecenderungan alamiah manusia menuju arah yang benar dan memungkinkan mereka menjadi hamba Allah yang bersyukur, baik secara mental, fisik, moral, maupun praktis. Buku sebagai karya nonfiksi dapat difungsikan sebagai media pendidikan. Peneliti mengangkat buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva, selain buku tersebut mengandung sastra dan kata-kata yang indah, juga memiliki pesan-pesan atau nilai-nilai Pendidika Islam. Penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pesanpesan yang ada dalam buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva, yaitu tentang nilai-nilai Pendidikan Islam. Nilai-nilai Pendidikan Islam apa sajakah yang terkandung dalam buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva dan bagaimana relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi dan menangkap pesan Pendidikan Islam melalui karya nonfiksi yaitu buku. Juga menambah referensi bagi pendidik dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hermeneutik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan content analysis (analisis isi), yaitu mengungkap isi atau nilai-nilai Pendidikan Islam dalam buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva dan menafsirkan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Pola pikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva adalah nilai nurani (values of being) meliputi: kejujuran, keberanian, cinta damai, optimis, ridha, ikhlas, sabar dan istiqamah, nilai memberi (values of giving) meliputi: kasih sayang, peka dan tidak egois, murah hati, adil, amanah, gigih, dan memaafkan. (2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam buku Menggapai Impian karya Masriyah Amva memiliki relevansi dengan kurikulum, pendidik, dan metode/strategi Pendidikan Agama Islam date: 2011-05-09 date_type: published pages: 142 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Umi Nasiroh, NIM.: 07410274 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU "MENGGAPAI IMPIAN" KARYA MASRIYAH AMVA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62148/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62148/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf