relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62151/ title: PENERAPAN STRATEGI THINK, TALK, WRITE DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI MTsN PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010-2011 creator: Umi Haniati, NIM.: 07410312 subject: Pendidikan Agama Islam subject: Metode Pembelajaran description: Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya minat dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Dengan adanya minat, konsentrasi belajar akan mudah dilakukan dan materi mudah dipahami. Minat belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A MTsN Piyungan Bantul Yogyakarta masih tergolong rendah hal ini disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan. Guru menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional yang kurang melibatkan peran siswa dalam pembelajaran sehingga menimbulkan kebosanan siswa dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi TTW (Think, Talk, Write) dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dan meningkatkan minat siswa kelas VIII A setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTsN Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan minat melalui tindakan yang dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan statistik sederhana untuk membantu mengungkap data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi, catatan lapangan antar pengamat, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan: 1). Minat belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VIII A di MTsN Piyungan Bantul sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) penerapan strategi Think, Talk, Write dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII A MTsN Piyungan Bantul dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya satu kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan strategi TTW ini berjalan dengan lancar. Strategi TTW dalam pembelajaran ini mencakup membaca tesk secara individu, membuat catatan individu, berdiskusi kelompok, mencatat hasil diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi. 3) Adanya peningkatan minat belajar siswa terlihat pada rasa ingin tahu terhadap materi, bersemangat dalam mengikuti pelajaran, memperhatikan penjelasan guru, bertanya bila mengalami kesulitan, menjaga ketenangan saat pelajaran berlangsung, menjawab pertanyaan dari guru, mau berdiskusi, mau mempresentasikan hasil diskusi, dan mendengarkan jawaban teman. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek minat siswa pada observasi awal sebelum tindakan sebesar 40,90% (sedang), kemudian pada siklus I 50%(sedang), siklus II sebesar 57,57%(sedang), siklus III sebesar 66,66% (tinggi) hal ini mengalami peningkatan cukup baik yaitu 25,76%. date: 2011-04-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62151/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62151/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Umi Haniati, NIM.: 07410312 (2011) PENERAPAN STRATEGI THINK, TALK, WRITE DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI MTsN PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.