eprintid: 62152 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/21/52 datestamp: 2023-11-17 06:11:23 lastmod: 2023-11-17 06:11:23 status_changed: 2023-11-17 06:11:23 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Try Sumiati, NIM.: 07480011 title: PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS III B MI NEGERI JEJERAN ispublished: pub subjects: Matematika subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: CTL, Prestasi Belajar, Perkalian note: Pembimbing: Ibu Luluk Mauluah, M.Si. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya dengan adanya pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa, konsep pembelajaran yang membantu guru mengkaitkan antara materi ajar dengan situasi dunia nyata siswa, dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka, mampu menjadikan pengetahuan yang dimiliki siswa lebih bermakna, dan terekam lama dalam benak siswa, sehingga prestasi belajar siswa akan meningkat. Namun kenyataannya prestasi belajar siswa masih kurang memuaskan dan belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal karena model pembelajaran yang masih bersifat satu arah yaitu guru sebagai pusat pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang penerapan CTL dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan CTL dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas III B MIN Jejeran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III B MIN Jejeran tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, jurnal harian, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan tes prestasi belajar. Analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan dihitung secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan CTL berhasil melaksanakan semua komponen CTL dengan persentase di atas 75 %. Pada siklus I 70,75%, dan pada siklus II 80,38%. Ratarata persentase pelaksanaan pembelajarannya adalah 75,57. Pembelajaran dengan menerapkan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar. Peningkatan prestasi belajar sebesar 22, 43. Rata-rata prestasi belajar sebelum penerapan CTL adalah 68,62, sedangkan rata-rata prestasi belajar siklus I dan II mencapai 91,05. Ketuntasan siswa sebesar 86,20%. date: 2011-06-18 date_type: published pages: 199 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Try Sumiati, NIM.: 07480011 (2011) PENERAPAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS III B MI NEGERI JEJERAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62152/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62152/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf