%0 Thesis %9 Skripsi %A Taufik Ismail, NIM.: 07410146 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:62153 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Novel "Pesantren Ilalang", Pesan Pendidikan, Guru %P 97 %T PERAN GURU DALAM NOVEL ” PESANTREN ILALANG “ KARYA AMAR DE GAPI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62153/ %X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan penghayatan guru terhadap peran-peranya sebagai pendidik. Indikasinya karena guru masih terfokus pada masalah gaji yang sedikit, kedudukan yang rendah dan keterpaksaan menjadi guru. Sehingga perlu dilakukan upaya yang dapat membuka paradigma baru mengenai peran guru. Salahsatunya dengan membaca novel Pesantren Ilalang yang bertema pendidikan dibandingkan hanya memalui penataran atau training-training. Terlebih menjadi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bukanlah hal yang mudah karena di satu sisi, guru adalah pendidik dan pengajar pada umumnya, tetapi di sisi lain juga harus mengajarkan ilmu agama Islam mencakup ranah normatif dan ranah terapan. Berawal dari masalah tersebut, peneliti bahwa guru dapat lebih memahami peranya dengan membaca novel Pesantren Ilalang karena dalam novel tersebut terdapat peran guru yang patut diteladani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam novel Pesantren Ilalang dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan obyek novel pesantren Ilalang. Pendekatanya adalah hermeneutik yaitu pendekatan dengan menafsirkan makna yang ada dalam novel. Pengumpulan datanya menggunakan content analysis terhadap isi dari novel pesantren Ilalang. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam novel Pesantren Ilalang sebanyak 13 butir. Semua peran tersebut dapat diidentifikasi dan dipilah menjadi tiga bagian. Ketiga bagian tersebut yaitu (1) peran guru terhadap pengembangan potensinya, (2) peran guru terhadap pengembangan peserta didik, dan (3) peran guru yang memiliki dampak luas kepada masyarakat. Adapun peran guru dalam pengembangan potensi dirinya yaitu: peran aktor, pribadi, dan pekerja rutin. Peran guru dalam penggembangan peserta didik yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penasehat, model dan teladan, supervisor, ,evaluator, motivator, leader, pengawet, dan fasilitator. Sedangkan peran guru yang memiliki dampak luas terhadap masyarakat yaitu: pendorong kreativitas. Keterkaitan antara peran guru dalam novel Pesantren Ilalang dengan PAI dapat dilihat dari peran guru sebagai, mu’allim, murabby, mursyid, mudarris, mu’addib, dan ustadz. Peran sebagai ustadz adalah peran yang mendasari peran lainya sehingga memiliki keterkaitan dengan metode ( mengunakan metode sesuai kemampuan peserta didik), evaluasi (evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran), dan lingkungan (menciptkan lingkungan yang Islami). %Z Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag