%0 Thesis %9 Skripsi %A Syahiq Dwi Iriyanti, NIM.: 07420004 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:62154 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab %P 143 %T PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62154/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di MAN Pakem Sleman Yogyakarta, kekurangan dan kelebihan serta hasil dari pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil setting di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan, wawancara, observasi dam penulusuran dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data deskriptip analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis KTSP di MAN Pakem Sleman Yogakarta yang terjadi di kelas X belum optimal. Hal ini terbukti guru dalam melaksanakan penyusunan silabus, penyusunan RPP, kegiatan pembelajaran serta penilaian pembelajaran masih ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan diantaranya adalah, pertama, dalam proses penyusunan silabus dan RPP masih belum optimal. Informan/guru belum memperhatikan langkah serta hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam penyusunan keduanya. Kedua, metode yang digunakan informan/guru belum variatif sehingga pembentukan kompetensi masih kurang optimal. Ketiga, media pembelajaran yang ada di madrasah belum dioptimalkan. (2) Hasil pembelajaran bahasa Arab memberikan nilai yang menekan pada aspek kognitif sedangkan penilaian untuk aspek afektif dan psikomotorik dijelaskan dengan catatan, hasil kegiatan kulikuler, ketidakhadiran dan kepribadian, catatatan wali kelas serta tanggapan orang tua. (3) Kelebihan pembelajaran bahasa Arab yang dominan adalah persiapan yang cukup matang dalam menghadapi implementasi KTSP, serta program-program yang disusun oleh madrasah seperti program keagamaan dan pengembangan diri. Persiapan yang dilakukan guru dalam membuat silabus, RPP. Adapun Kekurangannya yang paling menonjol adalah adalah; tidak adanya laboratorium bahasa, guru masih kurang memahami teori tentang KTSP. Input dari peserta didik sangat memperhatikan karena dari mereka banyak yang latar belakangnya dari kalangan menengah dan sebagian dari mereka lulusan dari SMP sehingga tidak serius dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran bahasa Arab. %Z Pembimbing: R. Umi Baroroh, M.Ag