TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Hj. Afiyah AS. MSi. ID - digilib62160 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62160/ A1 - Supri Rahayu, NIM.: 07410167 Y1 - 2011/03/21/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah dengan melihat kondisi zaman modern sekarang ini masih sedikit orang Islam yang mau membaca apalagi menghafal Al- Qur?an, banyak metode yang ditawarkan untuk bisa membaca dan menghafal Al- Qur?an tapi masih bersifat konfensional atau disebut juga dengan metode behaviouristik yaitu dengan mengulang-ngulang sesering mungkin sampai hafal. Ini berarti banyak membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran, hasil yang dicapai dengan metode konvensional sangat bervariasi, karena daya konsentrasi setiap orang berbeda. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran Al-Qur?an yang sistematis, efektif, dan efisien untuk menunjang keberhasilan mereka dalam mempelajari Al-Qur?an baik dari segi membaca maupun menghafalkanya. TPA ini menggunakan model Brain Based Learning dalam pembelajaran tahfidz juz?ama dan asmaul husna, berkaitan dengan uraian diatas maka peneliti perlu mengadakan penelitian berkaitan dengan implementasi model Brain Based Learning dalam pembelajaran tahfidz juz?ama dan asmaul husna, keberhasilan model Brain Based Learning yang dicapai santri dalam pembelajaran tahfidz juz?ama dan asmaul husna dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan model tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk penyempurnaan penerapan model pembelajaran tahfidz juz?ama dan asmaul husna di TPA Manarul Huda khususnya dan dan di lembaga pendidikan lain umumnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Brain Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz juz?ama dan asmaul husna sudah cukup efektif dan efisien dan hasilnyapun bisa dikatakan memuaskan karena ada nilai plusnya yaitu anak tidak hanya hafal juz?ama dan asmaul husna saja tapi juga hafal makna dan artinya bahkan nomer urutnya. Model ini menggunakan anggota tubuh sebagai asosiasinya dan kartu bergambar, hal ini dapat mengoptimalkan seluruh sistem kinerja otak yaitu sistem pembelajaran emosional, kognitif, sosial, fisik dan reflektif. Prestasi yang dicapai oleh santri di TPA Manarul Huda cukup membanggakan terbukti santri dapat hafal asmaul husna dan juz?ama nomer urut ayat dan artinya. Ada beberapa faktor pendukung faktor usia, kecerdasan santri dan lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat Santri lebih senang bermainmain, sarana prasarana yang kurang memadahi, padatnya kegiatan ustadzah, kurangnya tenaga pengajar untuk tahfidz dan tingginya kemalasan santri. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Brain Based Learning KW - Motivasi Belajar KW - Pengajaran Konstruktivis M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI MODEL BRAIN BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ?AMMA DAN ASMAUL HUSNA DI TPA MANARUL HUDA SARANG SIDOMULYO BAMBANGLIPURO BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 92 ER -