<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil\r\nbelajar siswa kelas XB dalam pembelajaran Fiqih di MAN 2 Wates yang\r\ndisebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang maksimal,\r\nsehingga suasana belajar menjadi membosankan. Oleh karena itu perlu diadakan\r\npenelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam hal keaktifan\r\ndan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas\r\n(PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode peer lesson\r\ndalam pembelajaran Fiqih di MAN 2 Wates setelah metode tersebut diterapkan.\r\nPenelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil\r\nlatar MAN 2 Wates. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data\r\nyang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya\r\nmeningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui tindakan yang dilakukan.\r\nAdapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan,\r\n(3) observasi, (4) refleksi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan kelas\r\nmengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penerapan metode peer lesson\r\nini lebih melibatkan siswa, siswa jauh lebih aktif dan kreatif dalam proses\r\npembelajaran. Disamping itu siswa juga berlatih untuk mengajarkan materi\r\npelajaran kepada temannya dan menciptakan suasana kelas menjadi\r\nmenyenangkan. Dengan demikian diharapkan siswa mempunyai pengalaman\r\ndalam belajar dan tidak mudah untuk melupakan materi pelajaran. Keaktifan dan\r\nhasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup baik. Adapun\r\nprosentasenya adalah sebagai berikut: Hasil Angket keaktifan siswa siklus I\r\nsebesar 75,21 dengan kualifikasi tinggi, dan pada siklus II menunjukkan kenaikan\r\nsebesar 1,63 % sehingga menjadi 76,84 % dengan kualifikasi tinggi. Kemudian\r\nhasil observasi keaktifan siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I\r\nsebesar 73,5 % dengan kualifikasi tinggi dan pada siklus II menunjukkan\r\nkenaikan sebesar 14 % sehingga menjadi 87,5 % dengan kualifikasi sangat tinggi.\r\nKemudian untuk hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami\r\npeningkatan yang cukup baik pula. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,80\r\ndengan kategori baik, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 88,40\r\ndengan kategori sangat baik."^^ . "2011-06-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07410116"^^ . "Sri Utami"^^ . "NIM.: 07410116 Sri Utami"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62163 \n\nPENERAPAN METODE PEER LESSON SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XB DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 2 WATES\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Metode Pembelajaran" . .