<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa\r\ndalam pembelajaran IPS kelas V B MIN Yogyakarta II yang disebabkan guru\r\nlebih sering menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran\r\nsehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Pendidik merupakan\r\npenentu jalannya pembelajaran. Pembelajaran akan berjalan dengan\r\nmenyenangkan ataupun berjalan dengan membosankan tergantung dari guru\r\ndalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Minimnya pengetahuan guru tentang\r\nmetode pembelajaran akan berdampak pada proses pembelajaran yang\r\nmembosankan dan kurang menarik bagi siswa. Selama ini guru lebih sering\r\nmenggunakan strategi pembelajaran yang konvensional sehingga siswa\r\nmengalami kebosanan dalam belajar dan keaktifannnya kurang. Oleh karena itu\r\ndiperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan\r\nmenerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran\r\nkooperatif tipe STAD ini diterapkan untuk lebih menjadikan siswa aktif dalam\r\nmengikuti pembelajaran.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan\r\nuntuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD\r\ndalam pembelajaran IPS serta meningkatkan keaktifan siswa kelas V B MIN\r\nYogyakarta II. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mengambil lokasi di MIN\r\nYogyakarta II. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V B MIN Yogyakarta\r\nII tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan\r\nlembar observasi, interview, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis\r\ndata dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.\r\nAdapun kegiatan penelitian meliputi plan (perencanaan), act (tindakan), observe\r\n(pengamatan), dan reflect (refleksi)\r\nHasil penelitian ini menuinjukkan bahwa (1) pelaksanaan penelitian\r\ntindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua\r\npertemuan yang diawali dengan kegiatan pra tindakan. (2) Setelah diterapkan\r\nmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V B keaktifan siswa\r\nmengalami peningkatan. (3) Hasil perhitungan lembar observasi keaktifan siswa,\r\npada kegiatan pra tindakan mencapai 45 %, pada siklus I mencapai 51,89 %, dan\r\npada siklus II mencapai 76,73 %. Hal ini berarti terjadi peningkatan keaktifan\r\nsiswa sebesar 19,31 %."^^ . "2011-06-15" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07480009"^^ . "Sofi Wahyuni"^^ . "NIM.: 07480009 Sofi Wahyuni"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Text)"^^ . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62166 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Sosial" . . . "Metode Pembelajaran" . .