TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd. ID - digilib62166 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62166/ A1 - Sofi Wahyuni, NIM.: 07480009 Y1 - 2011/06/15/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS kelas V B MIN Yogyakarta II yang disebabkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Pendidik merupakan penentu jalannya pembelajaran. Pembelajaran akan berjalan dengan menyenangkan ataupun berjalan dengan membosankan tergantung dari guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Minimnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran akan berdampak pada proses pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Selama ini guru lebih sering menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar dan keaktifannnya kurang. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini diterapkan untuk lebih menjadikan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran IPS serta meningkatkan keaktifan siswa kelas V B MIN Yogyakarta II. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mengambil lokasi di MIN Yogyakarta II. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V B MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, interview, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kegiatan penelitian meliputi plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi) Hasil penelitian ini menuinjukkan bahwa (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan kegiatan pra tindakan. (2) Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V B keaktifan siswa mengalami peningkatan. (3) Hasil perhitungan lembar observasi keaktifan siswa, pada kegiatan pra tindakan mencapai 45 %, pada siklus I mencapai 51,89 %, dan pada siklus II mencapai 76,73 %. Hal ini berarti terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 19,31 %. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model Oembelajaran KW - Pembelajaran Kooperatif KW - Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) M1 - skripsi TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V B MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2010/2011 AV - restricted EP - 218 ER -