%A NIM.: 08480045-E Senogiriyono %O Pembimbing: Drs Nurhidayat, M.Ag %T UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA TINGKAT PEMULA DENGAN METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS I MIN PONJONG GUNUNGKIDUL %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kematrampilan membaca, khususnya membaca permulaan pada siswa kelas I . Rendahnya ketrampilan membaca permulaan pada siswa kelas I tersebut berpengaruh pada jenjang kelas berikutnya. Apabila pada kelas I siswa sudah trampil dan lancar membaca maka pada jenjang kelas berikutnya mereka tidak akan menemuai kesulitan dalam menerima pelajaran. Adapun rendahnya ketrampilan membaca siswa kelas I tersebut dipengaruhi oleh berbagai aspek diantaranya. Pertama ada siswa kelas satu tidak mulai dari pra sekolah ( TK ). Kedua ketrampilan membaca hanya mereka peroleh hanya di sekolah karena di rumah kurang adanya bimbingan dari orangtua. Ketiga guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan kondisi siswa. Keempat dalam kegiatan belajar mengajar guru langsung mengajak siswa untuk membaca buku teks. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas I MIN Ponjong Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan Metode Global ternyata berdampak positif terhadap kemampuan membaca tingkat pemula pada siswa kelas satu MIN ponjong, mereka sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran dan kemampuan membaca pun menampakkan peningkatan yang lebih baik .Hal ini tampak pada skor nilai yang meningkat . Pada pra siklus skor rata-rata adalah 51,3. Pada pertemuan 1 Siklus I adalah 54,6 pertemuan 2 siklus I adalah 59, 4. Siklus II pertemuan 1 adalah 65,7 sedangkan pada pertemuan 2 siklus II skor nilai rata-rata 73,5.Melihat data tersebut dapat disimpulkan bahwa mulai pra siklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan skor 22,2. Penggunaan Metode Global yang digunakan membaca tingkat pemula mengalami peningkatan yang signifikan. %K Membaca, Metode Global, Membaca Tingkat Pemula %D 2011 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib62170