eprintid: 62187 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/06/21/87 datestamp: 2023-11-15 08:44:36 lastmod: 2023-11-15 08:44:36 status_changed: 2023-11-15 08:44:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HAMI FADHILAH, NlM: 99454450 title: HUBUNGAN ANTARA KEKEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP PROPORSI GEOMETRIS, NON-GEOMETRIS DAN PRINSIP MEKANIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I MAN KLATEN TAHUN AJARAN 2004/2005 ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_tad full_text_status: restricted keywords: Konsep Proporsi, Prinsip Jvfekanika, Prestasi Be/ajar. note: Drs. MURTONO, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan memahami konsep proporsi geometris, konsep proporsi non-geometris dan kemampuan memahami prinsip mekanika dengan prestasi belajar fisika serta untuk mengetahui sumbangan dari ketiga prediktor baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Klaten. Populasi penelitian adalah siswa kelas I TA 2004/2005 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik incidental sampling dan ditentukan tiga kelas sebagai sampel penelitian yang berjumlah 90 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode test, yang berupa tes kemampuan memahami konsep proporsi geometris, tes kemampuan memahami konsep proporsi non-geometris, tes kemampuan memahami prinsip mekanika, dan tes prestasi belajar fisika, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis korelasi Product moment dan analisis regresi ganda dengan tiga variabel bebas. Dari basil penelitian didapat koefisien korelasi untuk variabel X1 adalah 0,353 dan ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,207, jadi fx:J.v> rt,5% Hasil uji t hitung sebesar 2,247 dan nilai t tabel pada signifikansi 5% adalah 1,98, maka thuung > tiabet- Nilai koefisien korelasi untuk variabel X2 sebesar 0,374. Jadi i:x2.r > ftabel,5%. Dengan hasil uji t hitung sebesar 2,688 maka t11u11n > tiabet· Nilai koefisien korelasi variabel X3 sebesar 0,390; jadi rx3,v>rt,5%. Hasil uji t hitung 2, 719; jadi thitung > t1abe/. Dari analisis regresi koefisien korelasi ganda sebesar 0,526 dan nilai R1abel sebesar 0,26. jadi Rym > R 1abel· Uji F didapat F1t1111ng 10,973 dan F label sebesar 2,72 maka F1iuung > Frahel· Koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,277. Persamaan garis regresinya adalah Y = 0,0827 X1 + 0,1069 X2 + 0,0821 X3 + 1,784. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kemampuan memahami konsep proporsi geometris, nongeometris, dan kemampuan memahami prinsip mekanika dengan prestasi belajar fisika siswa kelas I MAN Klaten Tahun Ajaran 2004/2005 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan relatif berturut-turut variabel kemampuan memahami konsep proporsi geometris, non-geometris, dan kemampuan memahami prinsip mekanika sebesar 27,83%; 34,86%; 37,31% dan sumbangan efektifnya 7,704%; 9,651%; 10,327%. Kata kunci : Konsep Proporsi, Prinsip Jvfekanika, Prestasi Be/ajar. date: 2005-04-21 date_type: published pages: 162 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HAMI FADHILAH, NlM: 99454450 (2005) HUBUNGAN ANTARA KEKEMAMPUAN MEMAHAMI KONSEP PROPORSI GEOMETRIS, NON-GEOMETRIS DAN PRINSIP MEKANIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I MAN KLATEN TAHUN AJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62187/1/99454450_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62187/2/99454450_BAB%20II_BAB%20IV.pdf