TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Sedyo Santosa, S.S., M.Pd ID - digilib62190 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62190/ A1 - Yasinta, NIM.: 07480008 Y1 - 2011/06/24/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak usia Sekolah Dasar berada dalam tahap berfikir konkrit, proses berfikirnya belum dapat dipisahkan dari hal-hal yang dapat diamati. Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari peran media didalamnya. Gambar sebagai salah satu media visual, dapat dijadikan bahan yang dapat mempermudah proses pembelajaran. Terutama terhadap kemampuan menulis deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia, media gambar memiliki peran penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang proses pembelajaran bahasa Indonesia menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar dan kemampuan menulis deskripsi siswa serta peran media gambar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia menulis deskripsi di kelas II MIN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan, diperiksa, dan dibandingkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa peran media gambar terhadap kemampuan menulis deskripsi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II MIN Yogyakarta I telah teraplikasi dengan baik. Ini terlihat dari; 1) Proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa dilakukan dengan mempersiapkan bahan pelajaran, tujuan jelas, mempersiapkan dan memilih gambar yang cocok, membimbing dalam memanfaatkan media, evaluasi baik pada tahap perencanaan maupun pelaksanaan dari kegiatan awal, inti, dan penutup. Penggunaan media gambar ternyata berpengaruh dalam proses pembelajaran, 2) Kemampuan dalam menulis deskripsi dapat dilihat dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, siswa dapat menyebutkan, membuat kalimat, menjawab pertanyaan, tidak takut bertanya, menggabungkan diri dengan siswa lain, dapat mengerjakan soal-soal, dan menulis deskripsi. Dari data yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa dapat berjalan dengan baik, dilihat dari hasil tes maka diketahui bahwa tingkat kemampuan menulis deskripsi siswa dengan menggunakan media gambar masuk dalam kategori sangat baik, 3) Peran media gambar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia menulis deskripsi mempunyai peran penting yaitu guru menjalankan struktur dan urutan pengajaran secara baik, membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian materi pelajaran, memudahkan dalam menyampaikan materi, mengatur siswa dalam proses pembelajaran, dan bagi siswa dapat meningkatkan motivasi, memudahkan untuk belajar, memperkecil verbalisme, merangsang untuk berfikir, menarik dan mengarahkan perhatian, dan menambah pengetahuan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembelajaran Bahasa Indonesia KW - Media Pembelajaran KW - Media Gambar M1 - skripsi TI - PERAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II MIN YOGYAKARTA I AV - restricted EP - 195 ER -