@phdthesis{digilib62199, month = {June}, title = {PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN SEKS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 07470049 Nurul Fatimah}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd}, keywords = {Guru BK, Pendidikan Seks, Bimbingan dan Konseling}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62199/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi para remaja saat ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang berkembang di masyarakat. Secara umum, kaum remaja lebih terbuka menerima ide-ide baru, dan lebih intensif mempergunakan teknologi baru untuk mencari informasi dari pada orang tuanya. Sayangnya, ide-ide dan pengertian kebudayaan barat tentang pengertian masalah seks yang diambil dari media massa sering keliru. Maka dari itu SMK Negeri 4 Yogyakarta adalah suatu lembaga pendidikan yang di dalamnya memiliki ruang atau wadah untuk memberikan bimbingan dan layanan kepada peserta didik, adapun layanan yang diberikan adalah layanan informasi tentang pendidikan seks yaitu pendidikan kesehatan reproduksi. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan seks, peran guru BK dalam pendidikan seks, faktor pendukung dan penghambat pendidikan seks di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di sekolah SMK Negeri 4 Yogyakarta, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan cara menanyakan kembali pertanyaan yang sudah ditanyakan. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan pendidikan seks di SMK Negeri 4 Yogyakarta dilaksanakan secara klasikal dan konseling, materi yang digunakan adalah materi tentang kesehatan reproduksi yang diperoleh oleh PKBI DIY, metode yang digunakan yaitu metode ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok, pemutaran film, papan bimbingan, penyebaran liflet. Sedangkan peran guru BK di SMK Negeri 4 Yogyakarta selain sebagai panyampai materi pendidikan seks beliau juga berperan sebagai fasilitator, pembimbing, control siswa, motivator dan public figure. Tujuan pendidikan seks di SMK Negeri 4 Yogyakarta adalah memberikan edukasi seksual tentang kesehatan reproduksi kepada generasi muda khususnya peserta didik SMK Negeri 4 Yogyakarta, supaya tidak terjadi penyalah gunaan terhadap organ reproduksi dan terhindar dari penyimpangan seksual.} }