<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi kognitif\r\nsiswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam proses\r\npembelajaran IPS di kelas VA MIN Tempel Sleman. Latar belakang masalah\r\npenelitian ini adalah bahwa siswa yang mempunyai motivasi yang rendah akan\r\nberpengaruh pada prestasi yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai\r\nulangan harian dan LKS yang masih kurang. Untuk mengatasi permasalahan\r\ntersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki\r\nproses pembelajaran yang dirasa masih kurang, meningkatkan motivasi belajar\r\nsiswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VA MIN Tempel yang mana motivasi\r\nbelajar siswa ini akan berdampak pada prestasi (hasil belajar) siswa. Proses\r\npembelajaran ini menggunakan pembelajaran kooperatif (cooperative learning)\r\nmodel jigsaw. Dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif\r\nmodel jigsaw ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi kognitif\r\nsiswa.\r\nPenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian\r\nadalah siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta semester II tahun ajaran\r\n2010/2011. Data-data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi\r\nkognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket\r\nmotivasi belajar siswa untuk data motivasi siswa dan lembar soal pre test dan post\r\ntest untuk data prestasi siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa\r\nmenggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi\r\ndiperoleh dari effec size, yaitu selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata\r\npost test siklus II.\r\nHasil analisis motivasi siswa terjadi peningkatan pada rerata 5\r\nindikator/unsur yaitu; rasa senang siswa dari 92,19% meningkat menjadi 94,89%,\r\nperhatian siswa dari 94,59 meningkat menjadi 96,40%, rasa tertarik siswa dari\r\n93,99% meningkat menjadi 99,1%, rasa ingin tahu siswa dari 94,37 menjadi\r\n96,40%, antusiasme siswa dari 91,38% meningkat menjadi 94,72%. Sedangkan\r\nhasil rata-rata persentase keberhasilan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar\r\n92,97% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 95,99% dengan kategori\r\nbaik. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat\r\nterlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes penempatan\r\nsebesar 44,21 dengan kategori kurang, pada siklus I sebesar 68,38 dengan kategori\r\nbaik, dan pada siklus II sebesar 75,41 dengan kategori baik."^^ . "2011-06-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07480031"^^ . "Parasih"^^ . "NIM.: 07480031 Parasih"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR\r\nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL\r\nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62200 \n\nUPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR \nSISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN \nKOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA KELAS VA MIN TEMPEL \nNGANGLIK SLEMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Sosial" . . . "Metode Pembelajaran" . .