%0 Thesis %9 Skripsi %A Nugrahani Ika Rahmawati, NIM.: 07480023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:62206 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Matematika SD/MI, TAI (Team Accelerated Instruction), Musik, Motivasi, Aktivitas %P 253 %T UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION DENGAN BANTUAN MUSIK PADA SISWA KELAS III B MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62206/ %X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas III B MIN Tempel Yogyakarta, karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan latihan soal ketika pembelajaran. Diskusi kelompok sudah pernah dilakukan, akan tetapi kegiatan kelompok tersebut bukan merupakan pembelajaran kooperatif, karena tujuan dari kelompok hanya menyelesaikan tugas saja. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) yang dipadukan dengan penggunaan musik dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III B MIN Tempel Yogyakarta, (2) Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) yang dipadukan dengan penggunaan musik dapat meningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas III B MIN Tempel Yogyakarta, (3) Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Instruction) yang dipadukan dengan penggunaan musik dapat meningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas III B MIN Tempel Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B MIN Tempel Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dipadukan dengan musik. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana pada siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan, dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, angket motivasi dan aktivitas belajar siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah : (1) Langkah-langkah TAI yang dipadukan dengan musik adalah: a) tes penempatan, b) sekilas pendahuluan materi oleh guru dengan iringan musik, c) belajar individu dengan iringan musik, d) belajar kelompok dengan iringan musik, e) pembahasan diskusi kelompok dengan iringan musik, f) guru mengajar seluruh siswa dalam kelas dengan iringan musik, g) penghargaan kelompok dengan iringan musik. (2) Motivasi belajar siswa meningkat dengan kriteria sangat tinggi dengan perolehan persentase rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 88.83%, dan pada siklus II menjadi 90.57%. (3) Aktivitas belajar siswa meningkat dengan kriteria sangat tinggi dengan perolehan persentase rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 82.56%, dan pada siklus II sebesar 84.17%. %Z Pembimbing: Luluk Maulu’ah, M.Si