eprintid: 62216 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/22/16 datestamp: 2023-11-16 03:39:41 lastmod: 2023-11-16 03:39:41 status_changed: 2023-11-16 03:39:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Mushthofa, NIM.: 06410119 title: MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Quantum Learning, Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam note: Pembimbing: Dra. Hj. Susilaningsih, MA abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa quantum learning merupakan suatu metode dalam pembelajaran yang menggunakan variasi dalam mengajar, sehingga dengan adanya variasi baik tata ruang, gaya bahasa, dan lain sebagainya dapat membuat anak betah dan semangat untuk belajar, dan apa yang dipelajari dengan mudah diserap seta diterapkan. Metode quantum learning ini diperkenalkan oleh Bobbi Deporter. Quantum learning mengungkapkan bahwa setiap orang sebenarnya memiliki potensi otak yang sama besar dengan Einstein, tinggal bagaimana kita mengolahnya dan tak ada kata terlambat. Menurut quantum learning terdapat tiga modalitas belajar manusia, yaitu visual, auditorial, dan kinestetikal. Bila seseorang mampu mengenali tipe belajarnya dan melakukan pembelajaran yang sesuai, maka belajar akan terasa sangat menyenangkan dan memberi hasil yang sangat optimal. Pembelajaran dapat dilakukan diberbagai tempat dan tidak harus mengambil bentuk kelas sekolah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana pelaksanaan model quantum learning dalam pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta, bagaimana hasil dari model quantum learning yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul dan apa saja kendala-kendala Pelaksanaan model quantum learning dalam proses pembelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian adalah guru PAI SMP Negeri 1 Bantul yaitu Bapak H. Mahmudi, S.Ag dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan reduksi data dan triangulasi data. Hasil penelitian tentang penerapan quantum learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bantul ditunjukkan melalui dua cara yaitu : Pertama, hasil melalui komentar siswa, guru bidang studi lain, dan kepala sekolah. Kedua, hasil penilaian guru melalui aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Dari dua cara tersebut menunjukkan bahwa: (1) Siswa menyatakan merasa nyaman dan senang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa mampu menemukan gaya belajar, berani bertanya dan lebih aktif dalam pembelajaran. (2) Guru bidang studi lain mengatakan bahwa setelah siswa mengikuti proses pembelajaran PAI dengan model quantum learning siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. (3) Kepala sekolah berpendapat bahwa quantum learning ini sangat cocok dalam Pendidikan Agama Islam dan menunjukkan hasil yang signifikan. (4) Nilai Pendidikan Agama Islam siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik juga mengalami peningkatan setelah penerapan metode quantum learning dalam Pendidikan Agama Islam. date: 2011-03-29 date_type: published pages: 157 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mushthofa, NIM.: 06410119 (2011) MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP N 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62216/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62216/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf