<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS"^^ . "Pendidikan Islam diyakini mampu membentuk manusia unggul secara\r\nintelektual, kaya dalam amal, serta anggun dalam moral. Namun, yang terjadi saat ini\r\nmasyarakat Islam mengalami dekadensi moral dan krisis karakter. Pelanggaran nilainilai\r\nsemakin sulit dikendalikan, dan yang lebih memprihatinkan pelanggaran nilai\r\nini dilakukan oleh kaum terpelajar dalam berbagai lapisan masyarakat. Idealnya\r\nkaum terpelajar tersebut menjadi suri tauladan, akan tetapi justru banyak melakukan\r\npelanggaran. Hal ini menunjukkan adanya kepincangan dalam dunia pendidikan.\r\nDengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi konsep ta’di>b\r\nSyed Muhammad Naquib Al-Attas terhadap pendidikan karakter dan relevansinya\r\ndalam membentuk manusia berkarakter. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat\r\nmemberikan solusi alternatif dalam mengatasi persoalan dekadensi moral yang\r\nsedang melanda bangsa ini.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan\r\nadalah pendekatan filosofis, menggunakan metode analisis isi dan hermeneutis, yakni\r\ninvestigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi pesan suatu komunikasi\r\nsebagaimana terungkap dalam literatur-literatur sebagai upaya membangun sebuah\r\nkonsep atau memformulasikan suatu ide-pemikiran melalui langkah-langkah\r\npenafsiran terhadap teks yang memiliki relevansi dengan tema penelitian ini.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa konsep ta’di>b Syed Muhammad Naquib\r\nAl-Attas merupakan konfigurasi antara ‘ilm, ‘amal, dan adab, serta lebih\r\nmenekankan pada aspek penanaman adab atau karakter baik dengan tujuan\r\nmewujudkan manusia yang seimbang antara kualitas pikir, dzikir, dan amalnya, yang\r\ndisebut insa>n adabi> (manusia berkarakter).\r\nImplikasinya terhadap pendidikan karakter, ialah: Hakikat pendidikan\r\nkarakter ialah upaya mendisiplinkan tubuh, jiwa dan ruh yang menegaskan\r\npengenalan dan pengakuan terhadap posisi yang tepat mengenai hubungannya\r\ndengan potensi jasmani, intelektual dan ruhaniyah. Pendidikan karakter merupakan\r\npenyemaian dan penanaman adab (karakter mulia) dalam diri manusia sebagai upaya\r\nmewujudkan individu yang menguasai berbagai bidang studi secara integral dan\r\nkoheren serta mencerminkan pandangan hidup Islam."^^ . "2011-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 0641016204"^^ . "Misbahuddin Fandy"^^ . "NIM.: 0641016204 Misbahuddin Fandy"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Text)"^^ . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB\r\nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #62223 \n\nPENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONSEP TA’DIB \nSYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Karakter" . .