eprintid: 62226 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/22/26 datestamp: 2023-11-16 07:33:34 lastmod: 2023-11-16 07:33:34 status_changed: 2023-11-16 07:33:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Mega Aulia Usna, NIM.: 07480024 title: OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN SISWA PADA MATERI ENERGI DAN GAYA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDAN ARAN TAHUN AJARAN 2010/2011 ispublished: pub subjects: met_pemb divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Materi Energi-Gaya note: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd. abstract: Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih kurangnya perhatian terhadap keterampilan proses pengamatan siswa pada saat menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA sehingga kemampuan siswa dalam peningkatan prestasi pun menurun. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses pengamatan dan kemampuan siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dan meningkatkan kemampuan melalui keterampilan proses pengamatan siswa kelas IV MI Sunan Pandan Aran setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Sunan Pandan Aran Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi siswa dalam melakukan keterampilan proses pengamatan IPA dan kemampuan pada saat pembelajaran untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Keterampilan proses pengamatan dan kemampuan siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Sunan Pandan Aran sebelum penerapan metode eksperimen berada pada kategori cukup. 2) Penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Sunan Pandan Aran dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. 3) Adanya peningkatan kemampuan dalam pemahaman dan keterampilan proses pengamatan siswa pada pembelajaran IPA dengan metode eksperimen yang cukup signifikan. Peningkatan kemampuan melalui keterampilan proses siswa terlihat pada meningkatnya penggunaan indra secara aman, dapat memahami perbedaan dan persamaan pada percobaan, dapat mengenali urutan kejadian, dapat memahami percobaan secara detail. Oleh karena itu terjadi perubahan pada keterampilan proses pengamatan siswa dalam pembelajaran IPA sehingga kemampuan atau pemahaman siswa meningkat secara bertahap. Maka prosentase peningkatan keterampilan proses pengamatan siswa pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen meningkat mencapai 43% sedangkan peningkatan kemampuan atau pemahaman siswa mencapai 28%. date: 2011-06-28 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mega Aulia Usna, NIM.: 07480024 (2011) OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN SISWA PADA MATERI ENERGI DAN GAYA DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDAN ARAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62226/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62226/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf