%0 Thesis %9 Skripsi %A Mulyono, NIM.: 07410286 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:62231 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Akhlak, Pembinaan, Karakter %P 121 %T PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62231/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akhlak dan bentuk-bentuk pembinaan akhlak siswa SMPN 1 Kalasan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan penelitian pendidikan terutama dibidang pembinaan akhlak, sekaligus sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan program pembinan akhlak siswa SMPN 1 Kalasan dan juga sebagai koleksi pustaka yang bermanfaat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) secara kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di SMPN 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan (observasi) wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Setelah data didapatkan, kemudian dianalisis dengan konsep analisis data (flow model analysis), yakni konsep analisis yang terdiri dari langkah-langkah reduksi, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak siswa kelas VIII SMPN 1 Kalasan Sleman Yogyakarta secara umum baik, hanya ada beberapa anak yang harus mendapat perhatian khusus dari dewan guru. Akhlak siswa sudah baik dibuktikan dengan minimnya pelanggaran yang dilakukan serta perilaku siswa yang menunjukkan kesopanan, toleransi, saling menghormati dan menghargai perbedaan. Bentuk pembinaan akhlak siswa di SMPN 1 Kalasan direalisasikan dalam bentuk: 1)Menciptakan lingkungan yang kondusif, yaitu pembinan akhlak siswa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. 2) Pembinaan akhlak di kelas, yaitu pembinaan akhlak melalui kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas dengan materi-materi pelajaran yang disampaikan atau nasihat dari guru. 3) Pembinaan akhlak melalui kegiatan ekstrakurikuler, yaitu pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan di luar jam pelajaran antara lain: pembinaan membaca al Qur’an, qiroah, pembinaan shalat (subuh, dhuha, jumat, dzuhur) kajian kemuslimahan serta pembinaan pramuka. 4) Pembinaan akhlak khusus yaitu pembinaan akhlak melalui kegiatan yang dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu, antara lain: pengajian ahad pagi, pesantren Ramadhan, infak, zakat, qurban serta kerja bakti. %Z Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag