<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01"^^ . "Latar belakang masalah penelitian ini adalah pelajaran matematika\r\nmerupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam UASBN di tingkat SD\r\ndan MI, sehingga matematika merupakan mata pelajaran yang pokok dikarenakan\r\ndapat menentukan kelulusan siswa MI Muhammadiyah kradenan 01. Di dalam\r\npelajaran matematika terdapat materi tentang penghitungan volume. Seringkali\r\ndalam pengerjaan soal volume bangun ruang, siswa - siswa MI Muhammadiyah\r\n01 mengalami kendala yang diakibatkan berbagai macam hal yang berkaitan\r\ndengan kesiapan siswa, kurangnya motivasi belajar, metode penyampaian materi ,\r\nserta sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran. Perlu adanya upaya\r\ndalam penerapkan metode – metode pembelajaran yang tepat dan efektif untuk\r\nmencapai hasil maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah : Rendahnya\r\nkemampuan menghitung volume bangun dan ruang dalam pembelajaran\r\nmatematika pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Kradenan 01.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian\r\ntindakan ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Siklus pertama terdiri dari dua kali\r\npertemuan, siklus kedua terdiri dari dua kali pertemuan ,dan siklus ke tiga terdiri\r\ndari satu pertemuan. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini\r\nadalah pendekatan diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif. Data kuantitatif\r\ndiambil dari hasil tes dan lembar obsrvasi. Penelitian kualitatif adalah\r\nmenguraikan data kuantitatif dan menguraikan proses yang terjadi. Pengumpulan\r\ndata dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, obserfasi dan\r\nwawancara. Analisis data secara deskriptif kuantitatif.\r\nHasil peneletian menunjukkan: 1) Kemampuan menghitung volume\r\nbangun ruang dalam pembelajaran matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah\r\nKradenan 01 tanpa menggunakan alat peraga kurang, dengan nilai rata-rata\r\nmenghitung volume adalah 5,06. Siswa yang mendapat nilai di atas kriteria\r\nketuntasan minimal yaitu nilai 6 hanya 25,00 %, sedangkan 75,00 % siswa\r\nmendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal. 2) Pembelajaran\r\nmatematika dengan menggunakan alat peraga pada pokok bahasan volume bangun\r\nruang dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif dan efektif pada siswa kelas V\r\nMI Muhammadiyah kradenan 01. 3) Pembelajaran matematika dengan alat peraga\r\npada pokok bahasan volume bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan\r\nmenghitung volume pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah kradenan 01.\r\ndengan adanya peningkatan efektivitas hasil dari pre-tes sampai siklus III sebesar\r\n68,75 %, serta peningkatan nilai rata-rata siswa dari pre-tes sampai dengan nilai\r\nsiklus III yaitu sebesar 30,65, selain itu banyaknya siswa yang mendapatkan nilai\r\ndi atas nilai kriterian ketuntasan minimal yaitu nilai 6 yang sebesar 93,75%."^^ . "2011-07-08" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 08480038 – E"^^ . "Muhwan Hariri"^^ . "NIM.: 08480038 – E Muhwan Hariri"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Text)"^^ . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME\r\nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA\r\nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA\r\nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62233 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME \nBANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA \nPADA SISWA KELAS V MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA \nDI MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 01\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Matematika" . .