eprintid: 62245 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/22/45 datestamp: 2023-11-29 03:55:28 lastmod: 2023-11-29 03:55:28 status_changed: 2023-11-29 03:55:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Liati Syam, NIM.: 07470020 title: STRATEGI HYPNOPARENTING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Hypnoparenting, Pendidikan Islam, Metode Pembelajaran note: Pembimbing: Muqowim, M.Ag abstract: Penelitian ini memiliki latar belakang banyaknya kasus tindak kekerasan terhadap anak dari tahun ke tahun. Sebagian besar pelakunya adalah orang tua. Hal ini disebabkan komunikasi yang dilakukan oleh para orangtua belum efektif. Komunikasi yang disampaikan oleh orang tua terhadap anak tidak dapat ditindak lanjuti oleh anak, yang berdampak pada tindak kekerasan baik secara psikis maupun fisik. Dari latar belakang tersebut, hypnoparenting sebagai strategi yang menawarkan metode komunikasi berbasis hypnosis, mencoba meluruskan masalah komunikasi antara orang tua dengan anak, agar komunikasi orang tua lebih persuasif, sugestif dan afektif, dengan memperhatikan mekanisme pikiran anak dan tidak lepas dari urgensi pendidikan Islam itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:1) Menjelaskan kaitan antara metode hypnosis/hypnoterapi dengan proses mendidik anak. 2) Menjelaskan strategi hypnoparenting dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi perkembangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik yaitu interpretasi terhadap isi, dibuat dan disusun secara sistematik atau menyeluruh kemudian data yang sudah disusun, dijelaskan dan dianalisis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kaitan antara hypnosis dan mendidik anak adalah hypnosis digunakan sebagai alat/metode dalam mendidik anak agar selalu menanamkan sugesti positif pada pikiran bawah sadar anak, sehingga komunikasi antara orang tua dan anak efektif. 2) Strategi hypnoparenting dalam perspektif pendidikan Islam yaitu: (a). Membuat program berpikir dengan memperhatikan kata-kata pendukung yaitu kata-kata penuh kasih dan lembut, kata-kata pujian, kata-kata yang membesarkan hati anak, serta kata-kata bimbingan. Semuanya dilakukan dengan berulang. (b). Memperlakukan anak dengan baik yaitu dengan kelembutan dan kasih sayang, pelukan dan ciuman, mengelus kepala dan wajah anak, serta menyambut dan mengajak bicara anak-anak dengan baik. (c). Menyampaikan isi pesan (sugesti) melalui teknik-teknik yang diajarkan Rasulullah seperti teknik metafora, teknik modeling, serta teknik imajinasi. date: 2011-06-23 date_type: published pages: 135 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Liati Syam, NIM.: 07470020 (2011) STRATEGI HYPNOPARENTING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62245/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62245/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf