TY - THES N1 - Pembimbing: Munawwar Khalil, SS., M.Ag. ID - digilib62255 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62255/ A1 - Hikmatul Laeli, NIM.: 07410304 Y1 - 2011/04/25/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran Akhlak pada kelas VIII B di SMP muhammadiyah ini masih kurang termotivasi serta penyampaian guru dengan menggunakan pembelajaran yang masih konvensional sehingga menimbulkan kebosenan pada materi yang disampaikan, selain itu motivasi siswa juga kurang terbangun, dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu di adakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi Learning Tournament dalam pembelajaran Akhlak dan meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin di ungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Akhlak siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Prambanan sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) penerapan strategi Learning Tournament dalam pembelajaran Akhlak di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan strategi Learning Tournament ini berjalan dengan lancar. Strategi Learning Tournament dalam pembelajaran ini mencakup 4 komponen yang meliputi belajar tim, kuis, peningkatan nilai individu dan penghargaan. 3) Adanya peningkatan motivasi siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, ketertarikan, antusiasme, dan rasa ingin tahu, bekerjasama dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, perhatian, kemauan bertanya, dan mengemukakan pendapat. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek motivasi siswa pada observasi awal sebelum tindakan sebesar 52,78%, kemudian pada siklus I 77,78% dan siklus II sebesar 88,89% hal ini mengalami peningkatan cukup baik yaitu 36,11%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Motivasi Belajar KW - Strategi Pembelajaran KW - Learning Tournament M1 - skripsi TI - PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN SLEMAN AV - restricted EP - 214 ER -