@phdthesis{digilib6226, month = {July}, title = {IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DIMTS MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2010-2011}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 07420070 M. ZAENAL ABIDIN}, year = {2011}, note = {Pembimbing: Drs. Asrori Saud, M.Si.}, keywords = {Kemahiran Membaca , Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6226/}, abstract = {Pelajaran Bahasa Arab merupakan pelajaran yang sangat penting karena Bahasa Arab termasuk Bahasa Internasional dan juga Bahasa Agama (Islam). Namun dalam realitanya kita masih melihat banyak siswa yang belum bisa membaca teks berbahasa Arab, mereka menganggap bahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peniliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa pada kemahiran membaca yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan peneliti juga ingin mengetahui tanggapan siswa tentang model pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari jurnal harian, lembar observasi, angket tanggapan siswa, hasil tes lisan dan tulis, serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Hasil penelitian, setelah diadakan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC kemahiran membaca teks Bahasa Arab mengalami peningkatan yang di lihat dari hasil nilai rata-rata tes pada setiap siklusnya. Pada siklus I tes lisan nilai rata-rata mencapai 57,4 dan tes tulis mencapai 71,64. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata tes lisan mencapai 63,81 dan nilai rata-rata tes tulis mencapai 78,93. Pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu mencapai 72,13 pada tes lisan dan 83,21 pada tes tulis. Respon siswa terhadap model pembelajaran mencapai 83,88\%. Dari beberapa hasil diatas peneliti ingin menyampaikan saran-saran, diantaranya : Bagi madrasah, sebaiknya melengkapi fasilitas yang mendukung proses pembelajaran Bahasa Arab. Bagi guru Bahasa Arab, agar menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Guru juga bisa memilih metode dan sarana-prasarana pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab. Bagi siswa teruslah berusaha dengan sungguh-sungguh agar kalian bisa memahami Bahasa Arab div} }