eprintid: 6226 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/26 datestamp: 2023-10-04 08:41:02 lastmod: 2023-10-04 08:43:25 status_changed: 2012-05-04 16:49:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: M. ZAENAL ABIDIN, NIM.: 07420070 title: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DIMTS MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2010-2011 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pba divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kemahiran Membaca , Bahasa Arab note: Pembimbing: Drs. Asrori Saud, M.Si. abstract: Pelajaran Bahasa Arab merupakan pelajaran yang sangat penting karena Bahasa Arab termasuk Bahasa Internasional dan juga Bahasa Agama (Islam). Namun dalam realitanya kita masih melihat banyak siswa yang belum bisa membaca teks berbahasa Arab, mereka menganggap bahwa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Oleh karena itu, peniliti berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa pada kemahiran membaca yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan peneliti juga ingin mengetahui tanggapan siswa tentang model pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari jurnal harian, lembar observasi, angket tanggapan siswa, hasil tes lisan dan tulis, serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Hasil penelitian, setelah diadakan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC kemahiran membaca teks Bahasa Arab mengalami peningkatan yang di lihat dari hasil nilai rata-rata tes pada setiap siklusnya. Pada siklus I tes lisan nilai rata-rata mencapai 57,4 dan tes tulis mencapai 71,64. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata tes lisan mencapai 63,81 dan nilai rata-rata tes tulis mencapai 78,93. Pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu mencapai 72,13 pada tes lisan dan 83,21 pada tes tulis. Respon siswa terhadap model pembelajaran mencapai 83,88%. Dari beberapa hasil diatas peneliti ingin menyampaikan saran-saran, diantaranya : Bagi madrasah, sebaiknya melengkapi fasilitas yang mendukung proses pembelajaran Bahasa Arab. Bagi guru Bahasa Arab, agar menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Guru juga bisa memilih metode dan sarana-prasarana pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran Bahasa Arab. Bagi siswa teruslah berusaha dengan sungguh-sungguh agar kalian bisa memahami Bahasa Arab div date: 2011-07-07 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-07 12:46:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--mzaenalabi-6226-1-m.zaena-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/125/digilib-uinsuka--mzaenalabi-6226-1-m.zaena-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6884 ; nama file lama : M. ZAENAL ABIDIN - NIM. 07420070 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA M ; format file : application/pdf ; besar file : 964619 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-07 12:46:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--mzaenalabi-6226-1-m.zaena-..pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/125/digilib-uinsuka--mzaenalabi-6226-1-m.zaena-..pdf ; url download server lama : /download.php?id=6884 ; nama file lama : M. ZAENAL ABIDIN - NIM. 07420070 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA M ; format file : application/pdf ; besar file : 964619 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: M. ZAENAL ABIDIN, NIM.: 07420070 (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DIMTS MUHAMMADIYAH WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6226/1/M.%20ZAENAL%20ABIDIN%20-%20NIM.%20%2007420070_FILE%201.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6226/2/M.%20ZAENAL%20ABIDIN%20-%20NIM.%2007420070%20-%20FILE%202.pdf