%0 Thesis %9 Skripsi %A Fatmiyati, NIM.: 07410128 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:62261 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problematika Belajar, Anak Tunagrahita, Pendidikan Agama Islam %P 126 %T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB KASIH IBU GALUR KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62261/ %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak tunagrahita sebagai anak yang mengalami hambatan mental memerlukan penanganan khusus dalam proses pembelajaran, karena ketunagrahitaan yang mereka miliki menjadi problem utama pada diri mereka selain problem-problem yang lain. Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh beberapa komponen yaitu dapat berasal dari guru, sarana prasarana, kurikulum dan lain-lain. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI pada anak tunagrahita, apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran anak tunagrahita, dan bagaimana upaya yang dilakukan sekolah dalam menangani masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem yang ada pada proses pembelajaran PAI pada anak tunagrahita dan upaya yang dilakukan sekolah dalam menangani problem tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk memberikan informasi dan masukan kepada semua pihak terutama guru dan lembaga pendidikan tentang pentingnya mengetahui problemproblem yang muncul pada pembelajaran khususnya untuk anak hambatan mental. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber penelitian di SLB Kasih Ibu Galur Kulon Progo. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita lebih ditekankan pada kemampuan yang mereka miliki terutama untuk menjalankan ibadah. (2) Terdapat beberapa problem dalam pembelajaran PAI pada anak tunagrahita yaitu: tidak adanya perencanaan pembelajaran dan RPP, kemampuan intelektual dan mental anak tunagrahita yang terbatas, ketunagandaan siswa, kenakalan dan latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, penggunaan strategi dan metode yang kurang beragam, bobot materi yang terlalu berat untuk siswa serta keterbatasan sarana prasarana yang ada di sekolah. (3) Upaya yang dilakukan sekolah dan guru pengampu PAI antara lain adalah menggunakan acuan pemebelajaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar, berusaha mengerti akan keadaan dan kemampuan anak didik, mangaplikasikan materi ke dalam kegiatan keseharian, menyesuaikan bobot materi dengan kemampuan siswa dan memanfaatkan ruang kelas sebagai pengganti mushola untuk ruang ibadah dan praktek. %Z Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si