relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62273/ title: KONSEP TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5 (STUDI KOMPARASI AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB DAN AL-AZHAR KARYA HAMKA) creator: Ayatul Munawaroh, NIM.: 07410314 subject: Pendidikan Agama Islam subject: Islam dan Pemikiran description: Latar belakang penelitian ini adalah sesuai perkembangan masyarakat yang semakin dinamis sebagai akibat kemajuan ilmu dan teknologi, maka aktualisasi nilai-nilai Al-Qur’an menjadi sangat penting. Karena tanpa aktualisasi kitab suci Al-Qur’an, umat Islam akan mengalami kendala dalam upaya internalisasi nilai-nilai Qur’ani sebagai upaya dalam pembentukan pribadi umat yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, maju, dan mandiri. Pendidikan agama Islam selama ini dirasa belum mampu mencapai apa yang menjadi tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri. Hal ini disebabkan karena kurang kompetennya seorang pendidik, kurang sesuainya metode yang digunakan dan belum bisa menggunakan sumber/ Al-Qur’an dengan sepenuhnya. Karena pendidikan yang sudah sedemikian rupa, maka pendidikan Islam saat ini harus mampu mengedepankan kembali konsep tarbiyah Islamiyah yang terdapat pada Q.S. Al- Alaq ayat 1-5. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep tarbiyah Islamiyah yang ada dalam Q.S. Al-Alaq ayat 1-5. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil Q.S. Al-Alaq ayat 1-5 (Studi Komparasi Tafsir Al-Misbah dan Al- Azhar) sebagai objek kajian. Pendekatan yang digunakan penulis adalah pendekatan mau�u’i. Pengumpulan data yang digunakan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Isi (content analysis) selanjutnya analisis data tersebut ditarik kesimpulan, baik deskripsi, induksi, deduksi dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam Q.S. Al-Alaq ayat 1-5 terdapat konsep tarbiyah Islamiyah yang berkaitan dengan unsur-unsur tarbiyah yaitu: (1) Allah SWT dan malaikat Jibril sebagai murabbi (pendidik). (2) Nabi Muhammad dan seluruh manusia sebagai peserta didik. (3) Metode pembelajaran yang digunakan dengan cara membaca, menulis dan pembiasaan. (4) Sumber dalam tarbiyah (pendidikan) adalah Al-Qur’an dan alam semesta. (5) Materi tarbiyah (pendidikan) adalah alam semesta dan asal-usul kejadian manusia. (6) Tujuan tarbiyah (pendidikan) Islam adalah mendekatkan diri kepada Allah. (7) Media tarbiyah (pendidikan) adalah (�����) pena (tulisan). date: 2011-04-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62273/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62273/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Ayatul Munawaroh, NIM.: 07410314 (2011) KONSEP TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5 (STUDI KOMPARASI AL-MISBAH KARYA QURAISH SHIHAB DAN AL-AZHAR KARYA HAMKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.