%A LAILATUL ROHMAH - NIM. 05410067 %O Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag. %T PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ MELALUI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING (STUDI PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) ...) %X ABSTRAK Proses pembelajaran Aqidah Akhlaq di MTs N Tempel Sleman Yogyakarta, kurang dalam mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu untuk berpartisipasi aktif. Karena metode yang dipakai oleh guru selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah. sehingga, proses pembelajaran yang berlangsung kurang memberdayakan siswa. Dari permbelajaran tersebut mengakibatkan siswa kurang dalam berpartisipasi, sehingga kondisi kelas sangat ramai karena siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dari kondisi tersebut, guru merasa prihatin dan ingin memperbaiki keadaan tersebut dengan mencobakan suatu model pembelajaran baru yaitu Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII C. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan: (1) Pelaksanaan strategi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas VIII C MTs Negeri Tempel dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq berjalan dengan lancar dengan ditunjukkan dengan peningkatan partisipasi siswa antara siklus I dengan siklus II (2) Partisipasi siswa kelas VIII C MTs Negeri Tempel dengan menggunakan strategi cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terlihat meningkat dengan ditunjukkan dengan: kesiapan dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus I sebesar 81,42% dan pada siklus II sebesar 92,85%, kesiapan siswa dalam mengikuti materi yang dipelajari pada siklus I 74,28 % dan pada siklus II sebesar 88,57%, antusias dan perhatian siswa terhadap proses pembelajaran pada siklus I sebesar 65,71% dan pada siklus II sebesar 94,28%, perhatian terhadap penjelasan guru pada siklus I sebesar 79,99% dan pada siklus II sebesar 91,42%, bertanya kepada guru pada siklus I sebesar 57,13% dan pada siklus II sebesar 71,42%, menjawab pertanyaan guru pada siklus I sebesar 69,99% dan pada siklus II sebesar 77,14%, Bekerja sama dalam kelompok pada siklus I sebesar 49,99% dan pada siklus II sebesar 77,14%, bertanya pada teman terhadap sesuatu yang belum dipahami pada siklus I sebesar 59,99% dan pada siklus II sebesar 69,99%, berani mengemukakan pendapat pada siklus I sebesar 48,56% dan pada siklus II sebesar 67,14 %, berani mempertahankan pendapat pada siklus I sebesar 39,99% dan pada siklus II sebesar 64,28%. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II, partisipasi belajar siswa kelas VIII C MTs Negeri Tempel Sleman Yogyakarta mengalami peningkatan yang signifikan. div %K Belajar Aqidah Akhlak %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6229