<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI"^^ . "Skripsi ini membahas studi atas kitab al-Sunnah Mas}daran li al-Ma’rifah wa\r\nal-Had}a>rah karya Yusuf al-Qaradhawi. Permasalahan pokok yang akan dijawab\r\nadalah, pertama, bagaimana deskripsi kitab tersebut yang meliputi latar belakang\r\npenulisan, sistematika penulisan, serta metode penulisan?, kedua, apakah asumsiasumsi\r\ndasar dan bagaimana konstruksi pemahaman hadis al-Qaradhawi dalam kitab\r\ntersebut?, ketiga, bagaimana implikasi pemikiran al-Qaradhawi mengenai sunnah\r\nsebagai sumber ilmu pengetahuan dan peradaban?.\r\nAlasan memilih kitab ini sebagai objek penelitian adalah, pertama, metode\r\npenulisan dalam kitab ini yang beragam. Kedua, kitab ini telah diterjemahkan oleh\r\nsedikitnya tiga penerbit. Ketiga, al-Qaradhawi adalah penulis kitab yang saat ini\r\nmenduduki jabatan sebagai ketua persatuan ulama muslim internasional sehingga bisa\r\ndikatakan beliau sangat berwawasan luas dan memiliki pengaruh yang sangat besar\r\ndalam perkembangan dunia Islam saat ini.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan historis, untuk meneliti latar belakang\r\npengarang dari segi sosial budaya yang melingkupinya dimana turut memengaruhi\r\npenyusunan kitab. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan pendekatan deskriptifanalisis,\r\nuntuk memaparkan pemahaman dan membedah kitab.\r\nHasil dari penelitian ini adalah, deskripsi atas kitab tersebut yang meliputi\r\nlatar belakang penulisan, sistematika, dan metode penulisan. Dari latar belakang\r\npenulisan, kitab ini berangkat dari dua sebab, pertama, kitab ini ditulis dalam rangka\r\npenguakan kembali sunnah sebagai sumber ilmu pengetahuan dan peradaban yang\r\nmana persoalan tersebut sudah ada dalam pemikiran Islam. Kedua, adanya\r\npermintaan dari Lembaga Pemikiran Islam Internasional, Washington kepada al-\r\nQaradhawi untuk mengkaji masalah ini. Dari segi sistematika penulisan, kitab ini\r\ndisusun dengan menyebutkan bagian hadis keseluruhannya dan juga terkadang hanya\r\nmenyebutkan sebagiannya serta hadis dalam kitab ini juga dicantumkan sumber kitab\r\nhadis yang dijadikan rujukan. Selain itu, kitab ini disusun berdasarkan permasalahan\r\nfiqih, yang menerangkan persoalan-persoalan sunnah dalam masyarakat yang\r\nberkaitan dengan ilmu pengetahuan dan peradaban. Metode penulisan yang\r\ndigunakan dalam kitab ini menggunakan metode tanya jawab, eksplanasi serta kuotasi\r\n(kutipan).\r\nAdapun asumsi-asumsi dasar al-Qaradhawi dalam kitab ini adalah, pertama,\r\nselain perkara-perkara yang merupakan tasyri’, di dalam sunnah itu terdapat perkaraperkara\r\nyang bukan merupakan tasyri’. Kedua, sumber ilmu pengetahuan bagi umat\r\nIslam adalah wahyu ilahi, akal dan panca indera. Ketiga, selain sebagai sumber kedua\r\n(setelah al-Qur’an) bagi fiqih dan hukum Islam, sunnah juga merupakan dakwah,\r\npetunjuk, dan sumber ilmu pengetahuan keagamaan, kemanusiaan, dan sosial bagi\r\nseorang muslim. Keempat, Pada dasarnya sunnah –khususnya yang berupa perkataan\r\n–mengandung khabar dan insya’ seperti halnya al-Qur’an. Kelima, peradaban bagi\r\nIslam yaitu suatu peradaban yang menggabungkan unsur spiritual dengan material,\r\nmenyeimbangkan antara akal dan hati, menyatukan ilmu dan iman, dan meningkatkan\r\nmoral seiring dengan peningkatan material. Sedangkan konstruksi teoritis\r\npemahaman hadis dalam kitab ini adalah, pertama, memahami aspek bahasa. Kedua,\r\nmengorelasikan hadis yang terkait dengan nash al-Qur’an. Ketiga, memaknai teks\r\ndengan menyarikan ide dasar. Keempat, memahami konteks sosio historis. Kelima,\r\nmemahami hadis dengan membandingkan pendapat ulama-ulama sebelumnya.\r\nSedangkan implikasi pemikiran al-Qaradhawi mengenai sunnah sebagai\r\nsumber ilmu pengetahuan dan peradaban meliputi banyak segi, pertama, sunnah dan\r\npengetahuan tentang alam ghaib, bahwa meyakini adanya Allah swt. merupakan\r\nlangkah awal untuk memercayai adanya hal-hal yang ghaib lainnya. Kedua, sunnah\r\ndan ilmu-ilmu kemanusiaan, bahwa setiap manusia memiliki kelebihan masingmasing\r\ndi dalam setiap bidang. Ketiga, Sunnah dan pendidikan, bahwa manusia yang\r\nmenyadari akan pentingnya pendidikan, maka ia akan diterima dengan baik oleh\r\nmasyarakat di mana ia berada. Keempat, Sunnah dan ilmu kesehatan, bahwa ketika\r\nkesehatan badan dan kekuatan jiwa ini dimiliki oleh seorang muslim, maka dipastikan\r\nia akan menjadi manusia yang dikehendaki Allah swt., yaitu manusia yang dapat\r\nmembela agama dan memakmurkan bumi. Kelima, Sunnah dan ekonomi, memberi\r\npelajaran bagi para pengusaha untuk senantiasa berusaha di dalam memanfaatkan apa\r\nsaja yang halal dalam menghasilkan penghasilan dan berusaha untuk menghasilkan\r\nproduk terbaik. Keenam, Sunnah dan sains, bahwa sunnah Rasulullah saw. sangat\r\nmenentang pengetahuan yang hanya berdasarkan pada khayalan dan khurafat, serta\r\nmenentang ilmu yang hanya berdasarkan dugaan tanpa pembuktian ilmiah. Selain itu\r\nmembuat perencanaan dalam hidup akan membuat hidup lebih teratur. Ketujuh,\r\nSunnah dan fiqih peradaban, bahwa peradaban yang baik akan terjadi ketika manusia\r\nmenjalankan tugas sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Kedelapan,\r\nFiqih ilmu pengetahuan, bahwa dialog bukan hanya bisa dilakukan terhadap orangorang\r\nyang tidak sependapat, akan tetapi ketika berdialog dengan orang-orang yang\r\nsependapat maka cukup berdialog dengan menggunakan gaya bahasa yang baik.\r\nKesembilan, Fiqih kehidupan, bahwa hal yang mesti dilakukan dalam hidup adalah\r\nmemanfaatkan dengan sebaik-baiknya umur yang diberikan Allah swt. Kesepuluh,\r\nFiqih realitas, bahwa seseorang yang mengetahui relitas yang ada di sekitarnya\r\ndengan baik, maka jalan untuk mendapatkan kebahagiaan bagi orang tersebut sangat\r\nbesar sebanding dengan pengetahuan realitas yang ia ketahui. Kesebelas, Fiqih\r\nmaksud dan tujuan syari’ah, bahwa dengan mengetahui maksud dan tujuan syari’ah\r\ndari hukum-hukum Allah swt., maka akan mewujudkan kemashlahatan hidup\r\nmanusia di dunia dan akhirat. Keduabelas, Fiqih prinsip-prinsip syari’ah yang mulia,\r\nbahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah memiliki tujuan tertentu dan tolak ukur\r\nkeberhasilan ciptaan tersebut adalah terletak pada keberhasilannya dalam\r\nmenjalankan tujuan-tujuan diciptakannya. Ketigabelas, Sunnah dan perilaku beradab,\r\nbahwa tolak ukur bermaknanya pemahaman budaya (beradab) itu adalah ketika\r\npemahaman itu dapat direalisasikan dalam perilaku hidup."^^ . "2011-06-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07530015"^^ . "Syahrul Syarif"^^ . "NIM.: 07530015 Syahrul Syarif"^^ . . . . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Text)"^^ . . . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62310 \n\nSTUDI ATAS KITAB AL-SUNNAH MASDARAN LI AL-MA’RIFAH WA AL-HADARAH KARYA YUSUF AL-QARADHAWI\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .