<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS)"^^ . "Sebagai sebuah negara yang kaya sumber daya alam, ternyata bangsa Indonesia masih\r\nbelum bisa mensejahterakan seluruh lapisan rakyat Indonesia, hal ini terbukti dengan masih\r\nbanyaknya rakyat Indonesia yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini juga\r\nberimbas dengan sulitnya mereka untuk mendapatkan akses pengobatan yang jauh dari layak. Di\r\ntengah-tengah kesulitan yang sedang menimpa sebagian besar rakyat Indonesia, ada sebuah kabar\r\ngembira, bahwa ada pengobatan metode bekam yang sudah sejak zaman Nabi telah disarankan\r\nuntuk digunakan, karena ia adalah pengobatan yang terbaik pada saat itu. Dalam upaya\r\nmemperkenalkan pengobatan bekam, mereka mempergunakan dalil-nalil naqli,yakni hadis Nabi\r\nMuhammad SAW. Hadis-hadis ini juga digunakan untuk meyakinkan orang-orang tentang\r\nkeutamaan bekam dan keutamaan bagi mereka yang melaksanakannya.\r\nBerangkat dari fakta di atas, maka pokok penelitian skripsi ini difokuskan pada\r\nkajian ma’ani al-hadis, sebagai usaha untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pada\r\nrumusan masalah, sebagai berikut: Bagaimanakah memaknai atau interpretasi terhadap\r\nhadis bekam, apakah hadis tersebut bisa dipahami secara tekstual atau kontekstual, dan\r\napakah kandungan hadis tersebut bersifat universal, temporal atau local?, Bagaimana\r\nrelevansi hadis tersebut jika dihadirkan dalam realitas kongkrit kehidupan ini\r\nDalam penelitian ini,penulis mengunakan teori ma’ani al-hadis yang\r\ndikembangkan oleh Indal Abror, yang memakai empat langkah kerja. Dari penelitian ini\r\ndihasilkan kesimpulan, pertama, bahwa pemaknaan hadis tersebut sama sekali tidak\r\nmengikat kita untuk senantiasa mengikuti praktek bekam tersebut, karena hadis yang\r\nberisi sarana dan prasarana bisa saja berubah dengan menyesuaikan kepada waktu,\r\ntempat dan kondisi. Dengan demikian, hadis tentang keutaman bekam bisa bermakna\r\nkontekstual. Karena pada kesempatan yang lain ternyata Nabi juga memberikan beberapa\r\nalternatif pengobatan bagi sahabat. Kedua, meskipun pengobatan ini telah kuno tetapi\r\ndengan melihat berbagai penelitian yang telah dilakukan di negara-negara Arab, maka\r\ntidak menutup kemungkinan bahwa informasi dalam hadis tersebut bisa kita kita\r\npraktekkan dalam kehidupan modern ini."^^ . "2011-03-31" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 07530016"^^ . "Mohammad Farah Ubaidillah"^^ . "NIM.: 07530016 Mohammad Farah Ubaidillah"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Text)"^^ . . . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62332 \n\nHADIS-HADIS TENTANG BEKAM SEBAGAI PENGOBATAN YANG MUJARAB (STUDI MA’ANI AL-HADIS)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . . . "Obat" . .