<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI)"^^ . "Secara mendasar, ketertarikan penulis untuk meneliti epistemologi penafsiran\r\nWahbah dalam kitab al-Tafsir al-Wasit}, setidaknya, dilatarbelakangi oleh dua alasan:\r\nPertama, penulis merasa tergelitik dengan pengkategorian Wahbah tentang karya-karya\r\ntafsirnya sekaligus tertarik untuk mengkaji lebih jauh epistemologi dalam al-Tafsir al-\r\nWasit}. Kedua, setelah meneliti epistemologi penafsiran Wahbah dalam al-Tafsir al-\r\nWasit}, penulis hendak membuktikan konsistensi dari pernyataan Wahbah sebagaimana\r\ndikutip oleh al-Iyazi, “banyak orang yang menyudutkan bahwa tafsir klasik tidak\r\nmampu memberikan solusi terhadap problem kontemporer, sedangkan mufasir\r\nkontemporer banyak melakukan interpretasi terhadap ayat al-Qur’an dengan dalih\r\npembaharuan. Oleh karena itu, tafsir klasik harus dikemas dengan gaya bahasa\r\nkontemporer dan metode yang konsisten sesuai dengan ilmu pengetahuan modern tanpa\r\nada penyimpangan interpretasi”. Selain juga karena alasan kebaruan dari al-Tafsir al-\r\nWasit} itu sendiri yang memang belum banyak dijamah. Skripsi ini difokuskan pada\r\nkajian epistemologi yang digunakan Wahbah dalam penafsirannnya, di mana hal tersebut\r\nperlu diketahui sebagai jalan untuk mengetahui penilaian terhadap sebuah karya tafsir.\r\nAspek-aspek tersebut antara lain: sumber penafsiran, metode penafsiran serta validitas\r\npenafsiran. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini meliputi:\r\nBagaimana bangunan epistemologi yang digunakan Wahbah dalam al-Tafsir al-Wasit}?\r\nDan Apa kelebihan serta kekurangan penafsiran Wahbah dalam al-Tafsir al-Wasit}?\r\nDalam penelitian ini, penulis mengacu pada data kualitatif yang termasuk dalam\r\njenis data kepustakaan (library research). Adapun teknik pengumpulan data, penulis\r\nlakukan dengan dokumentasi, klasifikasi dan analisis dari masing-masing sub-bab\r\npembahasan. Sedangkan dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan\r\nmetode deskriptif-analisis dengan pendekatan historis-filosofis. Penulis sampai pada\r\nkesimpulan sebagai berikut:\r\nPertama, dalam melakukan penafsiran, Wahbah menggunakan sumber penafsiran\r\ndari al-Qur’an, hadis, aqwal s}ah}abah, pendapat ulama atau mufasir serta ijtihad beliau\r\nsendiri dan menghindari kisah israiliyat sebagai sumber penafsirannya. Kemudian\r\nmetode yag digunakan dalam tafsir tersebut adalah metode tah}lili dan semi tematik.\r\nSementara terkait validitas penafsiran, penulis menilai penafsiran yang dilakukan\r\nWahbah benar menurut teori koherensi, korespondensi, dan pragmatis. Pertama, secara\r\nkoherensi, Wahbah konsisten menerapkan langkah-langkah metodologi dalam setiap\r\npenafsirannya; kedua, secara korespondensi, sesuai dengan realitas di lapangan yang\r\nmenunjukkan bahwa penafsiran Wahbah tetap mengacu pada karya tafsir klasik namun\r\ndikemas dengan gaya bahasa kontemporer dan metode yang konsisten; dan ketiga,\r\nsecara pragmatis, produk penafsiran Wahbah berfungsi untuk menjawab persoalanpersoalan\r\nyang muncul di kalangan masyarakat ketika itu, dan tidak menutup\r\nkemungkinan juga berfungsi untuk pembaca secara umum.\r\nKedua, Sistematika penulisan yang digunakan Wahbah dengan mengacu kepada\r\ntartib mus}h}afi, menghindari cerita israiliyat dan pembahasannya yang luas dan\r\nterperinci, telah menjadikan kitab tafsirnya menjadi sistematis dan kaya akan informasi.\r\nSelain itu, latar belakang Wahbah sebagai seorang pakar Us}ul Fiqh juga tidak lantas\r\nmembuatnya terjebak dalam fanatisme mazhab ketika menafsirkan ayat-ayat ah}kam.\r\nSayangnya, penyajian yang diberikan terkesan menjadi parsial atau terpisah-pisah\r\nkarena mengikuti tartib mus}h}afi tapi menggunakan metode semi tematik. Banyaknya\r\ntema yang disajikan juga akan membuat pembaca kesulitan dalam mencari tema yang\r\ndiinginkan."^^ . "2011-06-23" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 06530015"^^ . "M. Sabilur Rohman"^^ . "NIM.: 06530015 M. Sabilur Rohman"^^ . . . . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Text)"^^ . . . . . "BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Text)"^^ . . . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "AL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #62337 \n\nAL-TAFSIR AL-WASIT KARYA WAHBAH AL-ZUHAILI (TINJAUAN EPISTEMOLOGI)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .