%A NIM.: 07410019 Afiyah Yuliana Fajar %O Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si. %T PENDIDIKAN AKHLAK BAGI SANTRI DALAM KEGIATAN JAM'IYYAH AL-TA'LIM WA AL-MUJAHADAH DI PONDOK PESANTREN PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (Kajian Materi dan Metode Pendidikan Akhlak) %X ABSTRAK Latar belakang masalah ini muncul dari kenyataan Pendidikan Akhlak saat ini masih dianggap kurang berhasil dalam mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah, hal itu karena perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan tekhnologi semakin berkembang selain menawarkan kenyamanan hidup juga membuka peluang kejahatan yang lebih canggih, maka PP Al-luqmaniyyah mengadakan kegiatan Jam'iyyah al-Ta'l amp;#305;m wa al-Mujahadah untuk menanamkan nilai-nilai keimanan dan akhlak pada diri santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, materi, dan metode pendidikan akhlak dalam kegiatan Jam'iyyah al-Ta'l amp;#305;m wa al-Mujahadah di PP Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan pondok pesantren untuk lebih meningkatkan pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Al-luqmaniyyah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pendekatannya menggunakan pendekatan psikologi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep Pendidikan Akhlak dalam kegiatan Jam'iyyah al-Ta'l amp;#305;m wa al-Mujahadah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah mempunyai dua konsep yaitu habl min Allah (hubungan manusia dengan Allah) dan habl min An-nas (hubungan manusia dengan sesama manusia). (2) Materi Pendidikan Akhlak dalam kegiatan Jam'iyyah al-Ta'l amp;#305;m wa al-Mujahadah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah meliputi Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada Rasulullah, Akhlak kepada diri sendiri, Akhlak kepada teman dan Akhlak kepada masyarakat. (3) Metode Pendidikan Akhlak dalam kegiatan Jam'iyyah al-Ta'l amp;#305;m wa al-Mujahadah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah terdiri dari metode pembiasaan, metode keteladanan, metode at-targhib dan at-tarhib (penghargaan dan hukuman), serta metode mauidhoh hasanah (ceramah), Pelaksanaan dari metode-metode tersebut tidak dilaksanakan secara tersendiri, akan tetapi antara metode yang satu dengan metode yang lainnya saling dipadukan. div %K Pendidikan Akhlak, Santri, Pondok Pesantren %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib6236