TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si. ID - digilib6237 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6237/ A1 - Agus Baya Umar, NIM.: 07410072 Y1 - 2015/01/28/ N2 - ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah adanya banyak guru yang telah bertahun-tahun mengajar, tetapi sebenarnya kegiatan yang dilakukannya tidak banyak memberikan aspek perubahan positif dalam kehidupan siswanya. Sebaliknya ada juga guru yang relatif baru, namun telah memberikan kontribusi konkret ke arah kemajuan dan perubahan positif dalam diri para siswa. Disisi lain salah satu tugas seorang kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi akademik kepada guru agar kemampuan guru dalam melaksanakan tugas-tugas pengelolaan proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan fisien.Maka dilakukan penelitian tentang hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi kompetensi profesional guru PAI, seberapa intensifkah pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah serta adakah hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kompetensi profesional guru PAI, seberapa intensifkah pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dan adakah hubungan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru PAI di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru PAI di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta sebanyak 6 orang guru. Penelitian dilakukan pada seluruh populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Uji persyaratan analisis data meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perhitungan Korelasi Product Moment (Product of the Moment Correlation) dan semuanya menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Kompetensi profesional guru PAI secara rata-rata ada pada taraf sedang dengan nilai mean 66,83 dan standar deviasi 23,87. (2) Supervisi akademik kepala sekolah ada pada taraf tinggi dengan mean 79,67 dan standar deviasi 14,60. (3). Korelasi antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional ditunjukkan dengan nilai R product moment adalah 0,831 lebih besar dari R tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,754, dan angka ini menunjukkan adanya korelasi yang positif dan nilai signifikansi 0,04 0,05 menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan adanya hubungan positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. div PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kompetensi Profesional Guru KW - Pendidikan Agama Islam KW - Kepala Sekolah M1 - skripsi TI - HUBUNGAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted EP - 98 ER -