eprintid: 62372 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/06/23/72 datestamp: 2023-11-23 08:26:04 lastmod: 2023-11-27 08:24:54 status_changed: 2023-11-23 08:26:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HABIBI, NIM: 99474181 title: METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: TK, METODE, CERITA, ANAK-ANAK note: Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto abstract: Metode berasal dari bahasa latin "meta" yang berarti melalui dan "hodes" yang berarti jalan atau cara ke. Dal am bahasa arab disebut dengan "thariqah" artinya jalan, cam atau, sistem atau ketertiban dalam mengerjakan sesuatu. Sedangkan menurut istilah ialah suatu sistem atau cara yang mengatur cita-cita. 1 Metode yaitu cara kerja yang bersistem yang memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pendidikan Islam merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengarahkan anak dalam menghadapi masa selanjutnya untuk itulah TK ABA Sapen melakukan hal-hal yang terkait dalam pendidikan Islam dengan metode cerlta. SeJain metode cerita juga ada metode Jain yang dilaksanakan disana diantaranya ; metode bermain, diskusi, tanya-jawab, irntsal, sosiodrama, pemberian tugas, karya wisata, mctode bernyanyi dan lain sebagainya. Dari pernaparan mengenai metode cerita diatas, mulai dari pentingnya cerita sebagai salah satu metode yang efektif dalam pendidikan Islam, sampai dengan menerapkan metode tersebut didalam pendidikan Islam, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : l. Kriteria Cerita yang Baik Kriteria cerita yang baik menurut para guru TK ABA Sapen adalah cerita yang sesuai dengan ajaran dan mengandung nilai-nilai pendidikan Islam. Untuk mengetahui kualitas sebuah cerita itu baik atau tidak, para guru TKA ABA Sapen mengambil dari jenis cerita. Adapun jenis cerita yang digunakan di TK ABA Sapen sebagai berikut: a. Jenis cerita campuran/kombinasi. b. Jenis cerita sejarah (tarikh). c. Jenis cerita fiksi (khayalan) date: 2004-07-31 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: HABIBI, NIM: 99474181 (2004) METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62372/1/99474181_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62372/11/99474181__BAB%20II_BAB%20III.pdf