relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62373/ title: PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN creator: RAHMAT TAUHID, NIM. 99474217 subject: Kependidikan Islam description: Berdasarkan penegasan istilah dan uraian latar belakang masalah yang telah disebutkan di atas, maka inti pokok dari permasalahan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana pemikiran pendidikan menurut Ibnu Khaldun? 2. Bagaimana relevansi pemikiran lbuu Khaidun tentang pendidikan dengan dunia pendidikan sekarang. Manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalani kehidupan tidak bisa lepas dari bantuan dan campur tangan orang Jain. Agar manusia bisa eksis dan diterima dalarn rnasyarakat tentu perlu adanya pendidikan. Dan dari uraian yang telah discbutkan mengcnai kandungan yang tertera dalam skripsi ini, maka dapat diambiJ kcsimpulan, antarn lain: 1. Yang dimaksud dengan pendidikan menurut lbnu Khaldun adalah usaha untuk mcngcmbangkan scgcnap potensi yang dimiliki manusia. Ibnu Khaldun mcndcfinisikan pcndidikan adalah upaya untuk memperoleh suatu kepandaian, pengertian dan kaedah-kaedah yang barn. Karena setiap saat dalam kehidupan terjadi suatu akti fitns manusia yang merupakan proses pendidikan yang besar clan luas. lbm1 Khaldun juga bcrpcndapat bahwasannya pcndidikan mernpakan suatu keahlian yang dfouktikan oleh adanyh perbedaan isti1ah-istilah teknis. Dasar dari pemikiran Ibnu Khaldun adalah al-Qur'an dan as-Sunnah atau Hadits. Sedangkan dari tujuan pendidikan adalah menciptakan insan kamil d~ngan malakah (penguasaan) aka! ilmu-ilmu pendidikan yang dimilikinya. Dengan demikian sudah seharnsnya sejak dini anak diberikan pendidikan sampai tingkat malakah (penguasaan) atau sifat yang terbentuk dan telah mendarah daging. 2. Pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan memiliki relevansi yang nyata dengan tuntutan dunia pendidikan sekarang ini. Mengingat kurikulu. date: 2005-04-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62373/1/99474217_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62373/2/99474217_BAB%20II_BAB%20III.pdf identifier: RAHMAT TAUHID, NIM. 99474217 (2005) PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.