%0 Thesis %9 Masters %A Khairani Rizka Zulas, NIM.: 21208011016 %B FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM %D 2023 %F digilib:62377 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K persepsi manfaat; persepsi risikor; perlindungan privasi; internet banking %P 144 %T FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING BSI DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62377/ %X Minat masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa dalam menggunakan layanan internet banking semakin rendah dibandingkan dengan pesatnya perkembangan dari penggunaan internet secara umum. Oleh karena itu, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking BSI sangat penting untuk penggunaannya dengan pendekatan technology acceptance model (TAM), diperluas dengan menambahkan variabel persepsi risiko, perlindungan privasi, dan kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara variabel X dan Y, dengan menggunakan data primer. Data primer diperoleh langsung dari sumber pertama yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia melalui penyebaran kuesioner serta jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 230. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan dukungan dari perangkat lunak SmartPLS versi 3.0. Hasil ini mengonfirmasi model penerimaan TAM2 (persepsi kemudahan dan persepsi manfaat) berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Sedangkan, variabel persepsi risiko, perlindungan privasi, dan kepercayaan tidak berpengaruh minat menggunakan internet banking. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si., Ak., CA., ACPA