TY - THES N1 - Drs. Suismanto M.Ag, Dra. Wiji Hidayati, M.Ag. ID - digilib62399 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62399/ A1 - Aprilia Listiyanti, NIM. 99474298 Y1 - 2005/02/18/ N2 - Profesi guru pada saat ini masih banyak dibicarakan orang atau masih saja dipertanyakan orang, baik dikalangan para pakar pendidikan maupun di luar pakar pendidikan. Selama dasawarsa terakhir ini hampir setiap hari, media masa khususnya media masa cetak baik harian maupun mingguan memuat berita tentang guru. Ironisnya berita-berita tersebut banyak yang cenderung melecehkan posisi guru, baik yang sifatnya sangat pribadi sedangkan dari pihak guru sendiri. Setelah semua data hasil penelitian dilakukan penulis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Bahwa pada dasamya guru-guru Agama Islam yang ada di Desa Sidoarum memberikan pemikiran positif bagi pengembangan profesioanlitas profesi mereka melalui berbagai metode yang dilakukan baik dari dalam dirinya seperti pengembangan kualitas seperti mengikuti pelatihan dan lain-lain. Misalnya pelatihan yang telah diikuti oleh para guru Agama Islam Di Desa Sidoarum adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), sarasehan antar guru Sekolah Dasar, mengikuti penataran P4 yang dilaksanakan oleh Mendikbud Daerah Istimewa Y ogyakarta. Hasil analisis ini dikuatkan dengan berbagai jawaban dari pertanyaan yang penulis berikan kepada mereka selaku responden. Sikap demikian memberikan pandangan bahwa profesionalitas seorang guru Agama Islam bukanlah sekedar seorang guru dalam mendidik muridnya akan tetapi umat yang wajib saling mengingatkan bahwa sebagai hamba Allah wajib melaksanakan ibadah yang telah digariskan oleh-Nya kepada kita. 2. Dampak yang dirasakan dalam pengembangan profesionalitas seorang guru Agama Islam sangatlah baik. Artinya anak didik tidak hanya diberikan ilmu yang berdasarkan referensi buku-buku pelajaran PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - GURU AGAMA ISLAM KW - SD GODEAN M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SEDESA SIDOARUM GODEAN SLEMAN AV - restricted EP - 101 ER -