%0 Thesis %9 Skripsi %A Aisyiah Adawiyah, NIM.: 07410108 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2011 %F digilib:6240 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Interaksi Edukatif, Guru, Pendidikan Agama Islam %P 124 %T INTERAKSI EDUKATIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA N 1 PATUK GUNUNGKIDUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6240/ %X ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran dengan menggunakan proses interaksi edukatif yang sangat menarik dan prinsip-prinsip interaksi edukatif dalam pembelajaran, maka dapat diketahui potensi siswa yang begitu bermacam-macam ragam. Namun kenyataannya hanya guru saja yang berperan aktif dalam proses pembelajaran, dengan arti timbal balik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran hanya berjalan di satu pihak saja, sehingga proses pembelajaran kurang optimal atau kurang baik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep interaksi edukatif dalam pembelajaran di SMA N 1 Patuk Gunungkidul, dan bagaimana penerapan interaksi edukatif guru PAI dalam pembelajaran di SMA N 1 Patuk Gunungkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep interaksi edukatif dalam pembelajaran PAI, sehingga dapat diketahui bagaimana penerapan interaksi edukatif guru PAI dalam pembelajaran di SMA N 1 Patuk Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang digunakan dengan teknik populasi, yaitu seluruh subyek penelitian. Dan subyek penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Patuk Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang jeli atau serius, observasi, wawancara mendalam, dan analisis data, untuk dapat mengetahui keabsahan atau kevalitan data, sehingga dapat di tarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran harus dapat diciptakan guru PAI dengan interaksi edukatif yang aktif, aktif dalam arti sikap siswa terhadap materi yang akan disampaikan guru, mental yang siap untuk mengikuti pembelajaran, dan perbuatan yang dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Dan interaksi yang sangat menarik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang direncanakan, dan selalu tercipta pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. (2) Penerapan Interaksi edukatif tidak dapat lepas dari tatap muka di kelas maupun di luar kelas, yang selalu terjadi dalam proses belajar mengajar dengan adanya komunikasi antara guru dengan siswa, yang terkait dengan materi yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa. sehingga tercipta pembelajaran yang sangat optimal. Dengan adanya interaksi yang penuh dengan edukatif dapat memotivasi siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan akhlakul karimah siswa. div %Z Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.