TY - THES N1 - Dra. Hj. Juwariyah, M. Ag., Drs. Suismanto, M.Ag. ID - digilib62406 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62406/ A1 - Abdul Majid, NIM: 99474340 Y1 - 2005/03/28/ N2 - Metodolog: Islam d.alam m1)lakukan penJidikan adalah dengan melakukan pendekatan yang menyeluruh terhadap wujud manusia. sehingga tiJak ada yr,ng tertinggal dan terabaik:tn :cdikitpun, baik segi jasr.iani rnaupun segi rohani, baik kehidupannya secara fisik maupun kehidupannya secara mental.6 Begitu 3uga hal teknik-teknik pendidikan, Islam melakukan pendidikan melalui teladan, melalui teguran, melalui cerita-cerita, melalui pembiasaan, pengalaman-pengalaman kongkrit dan juga melalui hukuman. Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, penulis menyimpulkan uraian dari bab-bab yang telah dipaparkan sebelumnya, tentang metode hukuman terhadap anak didik. A. Kesimpulan 1. Hukuman merupakan salah satu metode dari beberapa metode pendidikan Islam yamg digunakan untuk mempersiapkan anak didik, baik mental maupun moral, spritual dan sosialnya, sehingga anak dapat berkembang dengan baik. 2. Hukuman dalam pendidikan Islam adalah perbuatan yang secara sadar dan sengaja menjatuhkan nestapa kepada anak didik baik secara jasmani maupun rohani, sehingga ia menjadi sadar akan perbuata salahnya, dengan memperhatikan prinsip-prinsip dalam memberikan hukuman. Diantara prinsip pemberian hukuman adalah : Pemberian hukuman merupakan tindakan terakhir setelah metode yang lain tidak mampu mengubah kesalahan anak didik. Jenis hukuman hendaknya disesuakan dengan kepribadian anak dan memperhatikan kondisi jiwa dan jasmani anak didik. Tidak memberi hukuman pukulan sebelum anak mencapat usia sepuluh tahun, apabila pendidik terpaksa memberi pukualan, maka pukulan tidak pada tempat yang berbahaya seperti wajah atau kepala. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - PENDIDIKAN ISLAM KW - ANAK DIDIK M1 - skripsi TI - KONSEP PENERAPAN METODE HUKUMAN KEPADA ANAK DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM AV - public EP - 109 ER -