eprintid: 6241 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/62/41 datestamp: 2023-11-03 07:13:02 lastmod: 2023-11-03 07:14:32 status_changed: 2012-05-04 16:49:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Akmal Ikfiyan, NIM.: 06420064 title: STUDI KORELASI ANTARA BERBAGAI GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTs N PRAMBANAN SLEMAN ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran note: Pembimbing: Dr. Abdul Munip., M.Ag. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara gaya belajar yang meliputi: gaya belajar independent, competitive, collaborative, participant, dependent, dan avoidance dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas II MTs N Prambanan Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MTs N Prambanan Sleman tahun pelajaran 2010-2011 sebanyak 158 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau sampel acak. Ukuran sampel sebagaimana ditentukan oleh Suharsimi Arikunto, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 78 siswa atau 50% dari jumlah populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 60 butir angket terdapat 57 butir terbukti valid, sedangkan hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas 0,6 dan dinyatakan reliable. Analisis data meliputi analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar independent dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,316 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 2). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar competitive dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,433 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 3). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar collaborative dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,254 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 4). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar participant dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,437 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 5). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dependent dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,318 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 6). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar avoidance dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,252 yang lebih besar dari r tabel sebesar 0,234. 7). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar independent, competitive, collaborative, participant, dependent dan avoidance secara bersamasama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan oleh hasi uji signifikansi dengan nilai F hitung sebesar 7, 258 lebih besar dari harga F tabel sebesar 2,229. Dari sini dapat disimpulkan bahwa semakin tepat siswa kelas II MTs N Prambanan Sleman dalam menggunakan gaya belajar independent, competitive, collaborative, participant, dependent dan avoidance maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab mereka. div date: 2011-07-21 date_type: published pages: 102 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2011-07-21 12:41:53 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--akmalikfiy-6241-1-akmalik-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/125/digilib-uinsuka--akmalikfiy-6241-1-akmalik-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6901 ; nama file lama : AKMAL IKFIYAN - NIM. 06420064 STUDI KORELASI ANTARA BERBAGAI GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTs N PRAMBANAN SLEMAN.pd ; format file : application/pdf ; besar file : 2702691 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2011-07-21 12:41:53 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--akmalikfiy-6241-1-akmalik-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/125/digilib-uinsuka--akmalikfiy-6241-1-akmalik-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=6901 ; nama file lama : AKMAL IKFIYAN - NIM. 06420064 STUDI KORELASI ANTARA BERBAGAI GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTs N PRAMBANAN SLEMAN.pd ; format file : application/pdf ; besar file : 2702691 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Akmal Ikfiyan, NIM.: 06420064 (2011) STUDI KORELASI ANTARA BERBAGAI GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS II MTs N PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6241/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6241/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7%C2%B7.pdf