%A NIM.: 21104080037 Riska Nurcahyani %O Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd.,M.Pd %T IMPLIKASI PEMBELAJARAN CIRCLE READING DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA NYARING KELAS 3 SD NEGERI GIWANGAN %X Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam membaca nyaring, yang ditandai dan dkurang keberanian, intonasi yang belum tepat, serta keterlibatan siswa yang rendah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu Solusi yang diterapkan adalah melalui pembelajaran circle reading, yaitu metode kooperatif yang mengajak siswa membaca secara bergiliran dalam lingkaran, memahami isi bacaan, serta memberikan tanggapan terhadap bacaan secara aktif. Tujuan utama buat menumbuhkan motivasi serta kecintaan anak terhadap buku serta cerita. Sehingga ketika tiba masanya, fase anak mulai belajar membaca. Mereka akan lebih simpel memahami serta suka menjalani prosesnya. Maka dari itu pembelajaran yang membuat motivasi siswa dengan cara pembelajaran yang menyenangkan. Jenis penelitian ialah kualitatif deskriptif, penelitian membahas secara realita yang terjadi di lapangan, Kelas III SD Negeri Giwangan. Penelitian yang ditulis dengan hasil pengamatan dan data yang peneliti peroleh di lapangan. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan tekhnik pengambilan data, yaitu: observasi aktivitas pembelajaran, wawanara dengan guru dan siswa, serta dokumentasikan segala kebutuhan penelitian. Setelah peneliti mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti data yang relevan dengan cara menguji keabsahan data. Selanjutnya, data yang telah dilihat dan dianalisis menggunakan beberapa tekhnik, yaitu: mereduksi dat, menyajikan data, menarik Kesimpulan yang sesuai dengan tema penelitian. Peneliti terlibat langsung dalam mengamati proses pembelajaran yang dilaksanakan dari mulainya proses sapai evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pembelajaran circle reading memberikan dampak baik terhadap motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih percaya diri saat membaca nyaring, siswa aktif dalam diskusi, memhami isi teks dengan baik, serta menunjukkan antusiasme selama proses pembelajaran berlangsung. Respon siswa juga sangat positif, mereka merasa senang, nyaman, dan termotivasi untuk terus belajar. %K pembelajaran Circle Reading; motivasi belajar; membaca nyaring; Bahasa Indonesia %D 2025 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib62413